Keputusan pembelian produk umkm kuliner di kota Tangerang: digital marketing dan influencer

Hendi Eka Sumarga, Hendra Galuh Febrianto, Amalia Indah Fitriana

Abstract


Penelitian ini menganalisis Pengaruh Digital Marketing dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner UMKM di Kota Tangerang. Sampel pada penelitian ini adalah para pelaku UMKM Kuliner di Kota Tangerang dengan jumlah sampel 63 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisa dengan metode analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel digital marketing (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini menunjukkan thitung > ttabel yakni 4.297 > 1.999 dan signifikan sebesar 0.000<0.05. Untuk variabel influencer (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) thitung>ttabel yakni 7.970 > 1.999 dan signifikan sebesar 0.000<0.05. Dengan nilai persamaan regresi berganda Y = 9.513 + 0.148 X1 + 0.604 X2 dengan nilai koefisien determinasi sebesar  51.4% yang sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti.


Keywords


Digital marketing; influencer; keputusan pembelian

References


C., Wibowo, J., & Santoso, R. (2020). PEMBUATAN DIGITAL MARKETING DAN MARKETING CHANNEL UNTUK UKM PJ COLLECTION. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01). https://doi.org/10.30996/jpm17.v5i01.3253

Aisyah, F., Taufik, N., Priyatna, E. H., Budi, A., Studi, P., & Fakultas, M. (2015). Pengaruh pelayanan sistem online dan promosi berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian tiket bus budiman.

Brown, D., & Hayes, N. (2008). The future of influencer marketing. In Influencer Marketing. https://doi.org/10.1016/b978-0-7506-8600-6.50025-2

Cowling, M., Brown, R., & Rocha, A. (2020). Did you save some cash for a rainy COVID-19 day? The crisis and SMEs. International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, 38(7). https://doi.org/10.1177/0266242620945102

Daj, A., Daj, A., & Chirca, A. (2009). The Adoption of Digital Marketing in Financial Services under Crisis. In Bulletin of the Transilvania University of Braşov • (Vol. 2).

Elbahar, C., & Syahputra. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian di Kadatuan Koffie. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2).

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1).

Lugra Agusta Pranawa, I. P., & Abiyasa, A. P. (2019). Digital Marketing dan Hedonisme Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(4). https://doi.org/10.38043/jmb.v16i4.2250

Marhaban, I., & Suryadi. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Imitasi Jenis Fashion (Sepatu Vans) di Kalangan Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 1(2).

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 9(1). https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23529.35-42

Morissan M., dkk. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana. In STATISTIK UNTUK SURVEI.

Ningsih, D. (2019). Analisa Brand Image Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1). https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3605

Nisa, R. R. (2019). Pengaruh Sosial Media Influencer dan Trustworthiness terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over (di Royal Plaza). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2).

Parvanta, C. F., & Bass, S. B. (2020). Health communication: strategies and skills for a new era. In Health Communication: Strategies And Skills For New Era.

Pebrianti, W., Arweni, A., & Awal, M. (2020). Digital Marketing, e-WOM, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL, 11(1). https://doi.org/10.35724/jies.v11i1.2848

Prasetyo, D. T. (2020). Menelaah Faktor-Faktor Pada Influencer Dalam Perilaku Donasi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(2). https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.2600

Savitri, S. A., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra, Kredibilitas dan Kemampuan Komunikasi Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make-Up Maybelline (Studi Kasus Tasya Farasya). Prologia, 3(1). https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6250

Sudha, M., & Sheena, K. (2017). Consumer Decision Process: Impact of Influencers in the Fashion Industry. SCMS Journal of Indian Management, 93(3).

Sugiharto, S. A., & Ramadhana, M. R. (2018). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP SIKAP PADA MEREK. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1333

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen, Pendekatan: 1. Kuantitatif 2. Kualitatif 3. Kombinasi (Mixed Methods) 4. Penelitian Tindakan (Action Research) 5. Penelitian Evaluasi. In CV. ALFABETA (Vol. 6).

Sugiyono, P. D. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA,CV.

https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm-dalam-perekonomi-indonesia?page=all




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v24i3.11442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 FORUM EKONOMI