Efek penerapan online food delivery pada UMKM
DOI:
https://doi.org/10.30872/jfor.v24i3.11418Keywords:
Food delivery, digital marketing, internetAbstract
Internet marketing adalah semua bentuk kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online melalui internet atau dunia maya. Aktivitas-aktivitas pemasaran akan dilakukan secara intensif dengan menggunakan media komputer, seperti melakukan penawaran produk, melakukan pembayaran serta proses pengiriman produk. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pemanfaatan internet yang dilakukan oleh Mie Jengkang, mengetahui mengenai teknologi digital yang digunakan Mie Jengkang, serta mengetahui mengenai kegiatan pemasaran yang dijalankan oleh Mie Jengkang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif serta teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mie Jengkang telah memanfaatkan penggunaan internet dengan cukup baik sebagai media dan alat dalam mempromosikan serta memasarkan produknya. Saat ini Mie Jengkang sudah memiliki media sosial yaitu Instagram dan WhatsApp yang digunakan khusus untuk mempromosikan produknya. Mie Jengkang juga telah menerapkan dua jenis sistem pembayaran yaitu tunai dan non tunai sebagai bentuk salah satu penggunaan digital marketing dalam kegiatan pemasarannya. Mie Jengkang juga berhasil mendapatkan omset lebih semenjak menjalin kerja sama dengan pihak ketiga yaitu GoFood dan Shopeefood dalam memasarkan produknya dan memperluas target pasar.
References
Azlam, R., & Asse, A. (2018). STRATEGI PEMASARAN ONLINE (STUDI KASUS FACEBOOK MARKETING WARUNK BAKSO MAS CINGKRANK DI MAKASSAR) Online Marketing Strategy (Case Study of Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank in Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 219–231.
Fatimah, N. S., Anisa, S. N., & Hartini, S. (2019). Strategi Pemasaran Digital Dalam Upaya Memasarkan Produk Umkm Boyolali Melalui Pemanfaatan Media. Jurnal Ekonomi, Sosial, Dan Humaniora, 01(05), 105.
Fika, S., Salsabilla, W., & Batangriyan, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Image Di Pt . Central Global Network. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(September), 1–12.
Fronika, W. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Sikap Remaja. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Email, 2–3. https://osf.io/g8cv2/download
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60. http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136
KH, R. (2021). No Title. CNBC. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210614102310-37-252849/50-generasi-z-indonesia-pilih-layanan-pesan-makanan-grabfood
Mohammed, R. A., Jaworski, B., & Paddison, G. (2003). Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy. MC Craw-Hill.
Preasetianto, S. (2021). Analisis Layanan Go-Food Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Umkm Kuliner Di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE), 5(3), 461–471.
Riyanto, G. (2021). No Title. Kompas. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
Royan, F. M. (2006). Double Impact Internet Marketing. CV. Andi Offset.
Santoso, A. V. (2020). Analisis Pengaruh Digital Marketing Terhadap Repeat Purchase dengan Customer Engagement dan Customer Experience sebagai Variabel Intervening pada Layanan Pesan-antar Makanan Go-Food di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 1–12.
Shera, A. (2010). Step by Step Internet Marketing. PT. Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.
Downloads
Published
Issue
Section
License
FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
pISSN: 1411-1713 eISSN: 2528-150X
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License