Model kompetensi pedagogik guru MTS di kabupaten Sampang

Imam Busthomi, Fitria Fitria, Suryanto Suryanto, Moch. Ali Mashuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap data tentang model pengembangan kompetensi pedagogik guru MTs di Kabupaten Sampang. Landasan teori dalam penelitian ini, peneliti merujuk kepada beberapa konsep yaitu: kompetensi guru MTs, pendidikan dan pelatihan sebagai upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru MTs, upaya dalam meningkatkan kompetensi guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Kriteria informan dalam penelitian ini yaitu staff kementerian agama, kepala sekolah dan beberapa guru MTs yang mengikuti pendidikan dan pelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara dan data sekunder. Hasil penelitian ini adalah bahwa pengembangan kompetensi pedagogik guru yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sampang yaitu  perencanaan pengembangan diri berdasarkan evaluasi diri terhadap kemampuan guru, melaksanakan pengembangan kompetensi pedagogik guru MTs melalui berbagai kegiatan pelatihan, workshop, seminar, diskusi, lokakarya, mendatangkan pakar, pertemuan rutin antar guru terkait dengan tema dan aspek manajemen pembelajaran, serta aktif melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan kompetensi guru yang telah dilakukan berdampak positif bagi kualitas kinerja guru dan berdampak pada pencapaian hasil belajar siswa, baik akademik maupun non akademik. Saran yang dapat diberikan adalah pemerintah harus tegas dan sekolah harus bisa lebih selektif dalam merektrut tenaga pendidik yang berkompetensi agar mecapai tujuan sesuai harapan kependidikan pemerintah Indonesia.


Keywords


Pengembangan; kompetensi pedagogic; guru

References


Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2005). Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fernandez, R. (2013). Teachers' Competence and Learner’s Performance in the Alternati Ve Learning System Towards an Enriched Instructional Program. International Journal of Information Technology and Business Management. 22 (1), 34.

Susanto, R dkk. (2020) ‘Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03’, International Journal of Community Service Learning, (42) pp. 125-138. Doi:10.23887/ ijcsl. v4i2.25657.

Syaifuddin, M. dan Fatimah, S. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Syukur, Fatah, Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan, Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2012

Sarosa, Samiaji. 2012. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Jakarta Barat: PT Indeks.

Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Dirjen Binbagais, Depag RI, 2006.

Sugiyono. 2005. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif Dasar-dasar. Jakarta Barat: PT Indeks.

Irsyad, dkk. (2019) The Analysis of Teacher’s Pedagogical Competence in the Implementation of Character Education in High School (SMA) Koto Tangah District. Atlantis Press. volume 405 (1) 74-77.

Ni’am, A (2006). Membangun Profesionalitas Guru. Cet Ke 1. Jakarta: ELSAS.

Claire, Rees, et al. 2007. Student employability profile: a guide for higher education practitioners. 2nd revised edition. York: College of Higher Education

Asari, S, dkk. (2018) Improving Teacher Pedagogic Competences in Remote Areas through Lesson Study Activity. International Journal of Education & Literacy Studies. 6 (2) 53-62.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i3.11398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Imam Busthomi, Fitria Fitria, Suryanto Suryanto, Moch. Ali Mashuri


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi