Analisis persepsi manfaat, sikap, dan niat tertib berlalu lintas pada sistem E-Tilang

Immanuel Candra Irawan, Larasati Ayu Sekarsari

Abstract


Disiplin berlalu lintas masih sering diabaikan oleh kebanyakan para pengguna jalan. Hal ini menandakan bahwa masyarakat belum disiplin dalam berlalu lintas. Salah satu kegiatan penegakan disiplin berlalu lintas adalah melalui tilang. Seiring perkembangan jaman, sistem tilang manual berubah menjadi sistem tilang berbasis teknologi. Tilang elektronik, contohnya, atau yang dikenal dengan e-tilang, atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) System. Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi manfaat dan sikap terhadap niat tertib berlalu lintas melalui e-Tilang menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Sampling dilakukan di wilayah Kota Surabaya sebanyak 200 orang responden dengan sasaran para pengguna jalan yang sehari-hari beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi. Teknik analisis data yang digunakan adalah SPSS dan PLS. SPSS digunakan untuk melakukan analisis deskriptif, sedangkan PLS digunakan untuk melakukan uji validitas, reliabilitas, dan analisis inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat tertib berlalu lintas, serta sikap berpengaruh signifikan terhadap niat tertib berlalu lintas.


Keywords


Electronic ticketing; technology acceptance model; persepsi manfaat; sikap; niat

References


Abdullah, D., Kamal, S. B., Azmi, A., Lahap, J., Bahari, K. A., & Din, N. (2018). Perceived Website Interactivity, Perceived Usefulness and Online Hotel Booking Intention : A Structural Model. Malaysian Journal of Cunsumer and Famimly Economics, 21(S1), 45-58.

Agarwal, H., & Karim, S. F. (2015). An Investigation into the Factors Affecting the Consumer’s Behavioral Intention Towards Mobile Coupon Redemption. Advances in Economics and Business Management, 2(13), 1311-1315.

Aslam, W., Ham, M., & Arif, I. (2017). Consumer Bahavioral Intentions Towards Mobile Payment Services: An Empirical Analysis in Pakistan. Market- Tržište, 29(2), 161-176.

Baskoro, A. H. (2020, Februari 19). Satu Bulan E-Tilang, Enam Ribuan Pelanggar Terekam Kamera. Retrieved Februari 1, 2020, from Suara Surabaya.net: https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/Satu-Bulan- E-Tilang-Enam-Ribuan-Pelanggar-Terekam-Kamera/

Chandra, H., & Simanjorang, E. F. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan Internet Banking PT BAnk Mestika Rantauprapat. Jurnal Ecobisma, 3(1), 78-92.

Editor. (2019, Juli 22). Tilang Elektronik (E-Tilang). Retrieved Februari 7, 2020, from Indonesia.go.id:

Febrianti, D., Hariadi, B., & Baridwan, Z. (2019). Technology Acceptance Model sebagai Prediktor Penggunaan SIMDA. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 9(1), 46-63.

Fikri, M., & Lisdayanti, A. (2020). Analysing Promotion Mix and Perceived Usefulness of e-Wallets: A case of Linkaja Applications in Indonesia. International Journal of Finance & Banking Studies, 8(1), 76-84.

Granic, A., & Marangunic, N. (2019). Technology Acceptance Model in Educational Context : A Systematic Literature Review. British Journal of Educational Technology, 50(5), 2572-2593.

Hakim Z, A. (2019). Behavioral Intention Mahasiswa dalam Menggunakan ERP.

Handoko, B. L. (2019). Technology Acceptance Model in Higher Education Online Business. Journal of Entrepreneurship Education, 22(5), 1-4.

Hasan, M., Kazmi, S. S., & Padlee, S. F. (2019). Technology Acceptance Model (TAM) and Dynamicsof Online Purchase Adaptability. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(1S), 390-402.

Hasanah, R. L., Wati, F. F., & Riana, D. (2019). TAM Analysis on the Factors Affecting Admission of Students for RuangguruApplication. Journal of Information System, 15(2), 1-14.

Irawan, I. C. (2020). Analisis E-Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online. Journal of Business and Banking, 9(2), 247–260. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1907

Kashada, A., Ghaydi, A. E., & Mohamed, W. (2020). The Impact of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use on The Succesful Adoption of Information System in Developing Countries. IOSR Journal of Computer Engineering, 22(1), 45-48.

Kusumawati, R. I., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Niat Perilaku Penggunaan Internet Banking pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 215- 229.

Larassita, N., Razati, G., & Sulastri, S. (2019). Apakah Perceived Usefulness Dapat Meningkatkan Continuance Intention? Journal of Business Management Education, 4(1), 13-24.

Machdar, N. M. (2016). The Effect of Information Quality on Perceived Usefulness and perceived Ease of Use. Business and Entrepreneurial Review, 15(2), 131-146.

Moghadas, S., Nezakati, H., & Yuhanis. (2015). An Overview of The Effective Fastors That Affect Consumer Behavior Intentions Toward Choosing

Environmentally Friendly Hotels in Malaysia. International Conference on Computational and Social Science (pp. 527-534). Johor Bahru: Universiti Teknologi Malaysia.

Nikmah, K., Dominiqus, A., & Rodiana, A. (2019). Penetapan E-Tilang dalam Situasi Perilaku Kedisiplinan Berlalu Lintas Masyarakat Surabaya. Jurnal Hukum Magnum Ops, 2(2), 196-205.

Nikou, S. A., & Economides, A. A. (2017). Mobile Based Assesment : Integrating Acceptance and Motivational Factors Into a Combined Model of Self- Determination Theory and Technology Acceptance. Computer in Human Behaviour, 68, 83-95.

Ofori, E. (2019). Using Technology Acceptance Model to Promote Students Adoption and Use of Digital Technologies in The Sunyani Technical University. Journal of Basic and Applied Research International, 25(3), 146-157.

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 27(2), 927-953.

Rachmawati, V. (2009). Hubungan Antara Hedonic Shopping Value, Positive Emotion, dan Perilaku Impulse Buying Pada Konsumen Ritel. Jurnal Majalah Ekonomi, 19(2), 192–209.

Ratnadi, N. M., & Widanaputra, A. A. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Norma Subyektif pada Minat Berperilaku Penggunaan E-Billing. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 14(2), 169- 182.

Sekarsari, L. A. (2018). Hubungan antara Restaurant Image, Perceived Value, Customer Satisfaction, dan Behavioral Intention. Jurnal Kinerja, 15(2), 108– 119.

Sekarsari, L. A., Rohman, F., & Hussein, A. S. (2016). Pengaruh Dining Experience Terhadap Customer Satisfaction, Restaurant Image, dan Behavioral Intention pada Casual Dining Restaurant di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 21, 21(1), 1–14.

Sihotang, E. T., & Sekarsari, L. A. (2018). Motivasi Penggunaan Layanan Internet Banking dan Hubungannya dengan Perbedaan Gender. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2),

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet (1 ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Timur, B. P. (2019). Buku Dinamis Semester I - 2019. Bappeda Jatim.

Ulum, M. (2019, Desember 27). Tilang Elektronik Segera Berlaku di Surabaya, Begini Mekanismenya. Retrieved Februari 7, 2020, from Surabaya Bisnis: https://surabaya.bisnis.com/read/20191227/532/1185080/tilang-elektronik- segera-bdi-surabaya-begini-mekanismenya

Yani, E., Lestari, A. F., Amalia, H., & Puspita, A. (2018). Pengaruh Internet Banking Terhadap Minat Nasabah dalam Bertransaksi dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Informatika, 5(1), 34-42.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i3.11360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Immanuel Candra Irawan, Larasati Ayu Sekarsari


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi