Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen dengan word of mouth sebagai variabel moderasi
DOI:
https://doi.org/10.30872/jfor.v24i3.11336Keywords:
Kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi, inovasi produk, keputusan pembelian, word of mouthAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian dengan word of mouth sebagai variabel moderasi (studi kasus di Rumah Makan Pawon Nyinyir). Dengan beberapa variabel terikat dalam penelitian ini, yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi, dan inovasi produk sebagai variabel bebas, keputusan pembelian sebagai variabel terikat dan word of mouth sebagai variabel perantara. Populasi dan sampel penelitian ini adalah konsumen Rumah Makan Pawon Nyinyi sebanyak 100 orang Rumah Makan Pawon Nyinyir sebagai responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling jenis purpossive sampling. Metode pengumpulan data penyebaran kuesioner melalui google form. Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.3.7 digunakan sebagai analisis data melalui dua tahap pengujian yaitu: evaluasi model pengukuran (outer model) dan evaluasi structural (inner model). Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk terhadap keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan, lokasi terhadap keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan, inovasi produk terhadap keputusan pembelian berpengaruh negatif signifikan, word of mouth sebagai variabel moderasi menguatkan pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, Word of mouth sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, Word of mouth sebagai variabel moderasi menguatkan pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian, dan word of mouth sebagai variabel moderasi menguatkan pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian.
References
Agustin, R., Hendriani, S., & Syapsan. (2020). The Effect of Brand Image and Service Quality on Purchase Decision With Word of Mouth as Mediation Variable at Prof. Dr. Tabrani Hospital Pekanbaru. International Journal of Economic, Business and Applications, November, 25–44. https://dx.doi.org/10.31258/ijeba.5.2.25-44
Astaki, N. P. D. P. P., & Purnami, N. M. (2019). Peran Word of Mouth Memediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(9), 5442. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i09.p05
Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran (Edisi 2).
Cahya, A. D., Rahmawati, A. W., & Ningsih, A. F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4075
Charles W. Lamb , Joe F. Hair, C. M. (2018). Principles of Marketing.
Choudhury, K. (2013). Service quality and customers’ purchase intentions: An empirical study of the Indian banking sector. International Journal of Bank Marketing, 31(7), 529–543. https://doi.org/10.1108/IJBM-02-2013-0009
Dewi, A. G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya. 1(2), 173–189.
Efrata, T. C., Radianto, W. E. D., & Marlina, M. A. . (2019). Identification of Innovation Process on New Product Development in Small and Medium Enterprises. Journal of Appllied of Management, 17(4), 662–667. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/1583/1205
Fadhilah, M., Cahyani, P. D., & Pratama, A. (2021). Influence of Product Quality, Product Design and Promotion on Iphone Purchase Decisions on Students in Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Balance, 17(1), 138–145. https://doi.org/10.26618/jeb.v17i2.6486
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.
Ilmy, R. M. (2019). The Concept of Production, Distribution, and Consumption in Islamic Economics. Review of Islamic Economics and Finance, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.17509/rief.v2i1.17637
Imran, E. (2019). MENARA Ilmu Vol. XIII No.3 Januari 2019. XIII(3), 65–76.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Nur Faiza, I. Y., & Basuki, R. sugeng. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian di house of pet malang. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 329–333.
Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ukmmart Kartikawidya Utama. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1154–1170.
Philip Kotler; Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Manajemen.
Prasetiyo, B., & Hidayat, T. (2019). Pengaruh Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Xyz Donut. Jurnal Akuntansi, 4(1), 937. https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i1.218
Priandew, N. M. M. (2020). Jurnal Bingkai Ekonomi. Jurnal Bingkai Ekonomi, 5(2), 16–26.
Purwanto, M. T., Absor, U., & Yuliastuti, W. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produkwardah Melalui Word of Mouth Di Kabupaten Brebes.
Rismawati, R., & Oktini, D. R. (2017). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian (Kasus Pada Konsumen Bisnis) Auto Print & Souvenirs Sales Showroom di Kota Bandung. 1320–1324.
Santoso, A., & Sispradana, A. (2021). Analysis toward purchase decision determinant factors. Asian Management and Business Review, 1(2), 155–164. https://doi.org/10.20885/ambr.vol1.iss2.art7
Sutedja, W. (2012). Panduan Layanan Konsumen.
Downloads
Published
Issue
Section
License
FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
pISSN: 1411-1713 eISSN: 2528-150X
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License