Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah

Suharlina Suharlina, Muh. Ferils

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Permodalan Nasional Madani Cabang Karossa Kabupaten Mamuju Tengah. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, menggunakan rumus slovin maka ditarik sampel pada penelitian ini sebanyak 97 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan secara parsial dan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kesimpuan penelitian ini menyatakan bahwa variabel kualitas pelayanan dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 sehingga variabel tersebut mampu menerangkan dengan baik dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.


Keywords


kualitas pelayanan; kepercayaan; kepuasan

References


Ahmad, Subagyo. 2010. Marketing In Business. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran JasaBandung: CV Alfabetha.

A., Morisson M, dkk. 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: Kencana.

Anggraini, S., Fatihuddin, D., & Roosmawarni, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Jatim Kcp Pogot Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Armstrong, Kotler. 2015: Marketing In Introduction Pretince Hall Twelfth Edition. England: Pearson Education, Inc.

Ayuningtyas, K. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank Mandiri Cabang Alam Sutera Tangerang). Jurnal Manajemen, 11(1), 63-76.

Donni Juni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Dwi, Ariani dan Febrina, Rosnita. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Membentuk Loyalitas Pelanggan.

Erik Siswoyo. 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Jateng Pemuda Semarang.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Fandy, Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, Ed. 3 Yogyakarta, Andi.

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality Dan Satisfaction. Yogyakarta Andi.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariated dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Hardianysah, 2011.Kualitas Pelayanan Public, Konsep, Dimensi, Indicator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada.Depok.

Kotler, Keller. 2012. Marketing Management, 14 Th, Person Education.

Maharani, A. D. 2010.Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Mulyo Budi Setiawan Dan Ukudi. 2007. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPR Bank Pasar Kendal.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabetha.

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D

Suparyanto dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. In media. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 FORUM EKONOMI