Pengaruh experiental marketing dan brand image terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening

Henny Welsa, Putri Dwi Cahyani, Riyana Riyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh experiental marketing dan brand image terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling purposive dimana teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel experiental marketing berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, variabel brand image berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, variabel experiental marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, variabel brand image berpengaruh negatif terhadap loyalitas konsumen, dan variabel kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.


Keywords


Experiental marketing; brand image; loyalitas konsumen; kepuasan konsumen; variabel intervening

References


Abdilhaq, R. G., Rachma, N., & Primanto, A. B. (2020). Pengaruh Experiental Marketing dan Emotional Branding Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(3), 53–67.

Agustina Susanti, Henny Welsa, P. D. C. (2021). Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 4 No. 1 Januari 2021. 4(1), 32–40.

Ali, A. N., Studi, P., Manajemen, S., Putra, S., & Kebumen, B. (n.d.). PENGARUH BRAND IMAGE DAN TASTE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI. 1–15.

Amrullah, W. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Sengkaling Kuliner “Sekul” Malang. Manajemen Bisnis, 7(2), 119–128. https://doi.org/10.22219/jmb.v7i2.7006

Andini Rahmatika Putri. (2017). Faculty of Economics Riau University, Pekanbaru Indonesia. Pengaruh Etika Uang Terhadap Kecuranagan Pajak Dengan Religiusitas, Gender Dan Materialisme Sebagai Variabel Moderasi, 2(2), 2010–2012. https://www.neliti.com/publications/131197/strategi-pengembangan-industri-rumah-tangga-di-kota-pekanbaru-studi-kasus-usaha

Arif, M., & Syahputri, A. (2021). The influence of local brand image and product quality on customer loyalty at PT. Sinar Menara Deli Medan. Jurnal Global Manajemen, 10(1), 38. https://doi.org/10.46930/global.v10i1.1133

Dilla Sri Farah, N. (2020). PENGARUH HARGA DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN GENERAL REPAIR PT NASMOCO PEMUDA SEMARANG Pendahuluan. IX(Iv), 599–608.

Ditha, H. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1431

Dumat, F. E., Mandey, S. L., & Roring, F. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Kopi (Studi Kasus Pada Van Ommen Coffee Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3493–3502. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21622

Enggarwati, P., Sumiati, & Sunaryo. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen (Studi Pada Butik Zoya Di Kota Malang). Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Brawijaya Malang, 4(1), 10.

Fatir, R. F., Inggang, D. F., & Nuralam, P. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Branding Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Mahasiswa Malang Konsumen McDonald’s Kota Malang). Jurnal Admіnіstrasі Bіsnіs, 64(2), 19–26.

Gendro, W. (2020). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisa SPSS 25 & SmartPLS 3.2.8. UPP STIM YKPN.

Ghozali, I. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Hadidu, A., & Hm, M. (2021). 3) 1,2,3. 2(5), 1519–1526.

Hashemi, S., Shayesteh, A., & Keimasi, M. (2017). Investigation of the Effect of Emotional Brand on Customer " s Loyalty London Journals Press. 17(1).

Ibwintari, Y., & Permatasari, I. R. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Upnormal Coffee Roasters Blimbing. 6, 1–4.

Klinik, P., Kulit, P., Kota, N., Natasha, K., Jambi, K., Kunci, K., & Marketing, E. (2015). experience economy. 17.

Masruchin, C., & Marlien, M. (2018). Analisis Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Nissan di Kota Semarang Tahun 2017). 699–709.

Moharrang, A. (2019). PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SIM CARD TELKOMSEL ( Studi Pada Pengguna Sim Card Telkomsel di Ampana Kota ) ( Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat ) Alan Moharrang Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat Fa. Ekonomi Trend, 07(01), 71–82.

Nugrahaningsih, H. (2019). Pengaruh Fasilitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Pipilaka Tour and Travel Di Tanggerang. Jurnal Online Internasional & Nasional, 7(1), 1689–1699.

Nurseptia, M. A., & Arlin Ferlina M.Trenggana. (2019). Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Koflcuk Bandung the Effect of Product Quality , Emotional Brands , and Experiental Marketing on Consumer Loyalty in Koflcuk Bandung. 6(3), 6203–6214.

Pati, N., Kalangie, J., & Walangitan, O. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Ayla Pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(001), 269318. https://doi.org/10.35797/jab.6.001.2018.19212.

Rianti, O. (2017). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(8 AGUSTUS 2017), 1–19.

Rusandy, D. S. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Titin Trenggalek. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35130/jrimk.v2i1.25

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA BANDUNG.

Tangkuman, M. J., & Massie, J. D. D. (2020). the Effect of Experiential Marketing and Customer Satisfaction on Customer Loyalty At Mcdonaldâ€TMS Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), 203–211. https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30689

Trihudiyatmanto, M. . (2021). Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Brand Image Dan Experiential Marketing. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 61–73. https://doi.org/10.36596/ekobis.v9i1.487

Ulfah, D. N., Rukismono, M., & Tan, E. R. (2020). Pelanggan Kosmetik Wardah Di Kecamatan Kenjeran Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 4(1), 1–6.

Utomo, W., Triastity, R., & Susanti, R. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 19 No.3(3), 336–348.

Vildayanti, R. A. (2019). THE EFFECT OF EXPERIENTIAL MARKETING ON EXCELSO CAFE CUSTOMER LOYALTY IN CENTRAL JAKARTA 2019. 1(4), 105–112.

Widayatma, C. P., & Lestari, S. P. (2018). Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Rifa Kuliner Kendal). Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 7(3), 25–38. https://doi.org/ISSN : 2302-2752, Vol. 7 No. 3, 2018

Yudistianto Deka, H. (2020). PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI INTERVENING. 1, 28. https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i1.277




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v24i2.10848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 FORUM EKONOMI