Kinerja guru di tinjau dari profesionalisme, motivasi kerja dan iklim organisasi

Nadia Iqmalia, Istiqomah Istiqomah, Sri Hartono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh profesionalisme, motivasi kerja dan pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru di SMP Islam Diponegoro Surakarta. Penelitian ini didasarkan pada metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Islam Diponegoro Surakarta. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh (metode sensus), seluruh populasi dijadikan sampel, dengan jumlah guru sebanyak 56 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah berupa analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme, motivasi kerja dan iklim organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada SMP Islam Diponegoro Surakarta dengan hasil pengujian F hitung lebih besar dari F tabel (18,892 > 2,783) dan diperoleh nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R²) sebesar 0,722 atau 72,2% bahwa kinerja guru dapat dijelaskan oleh profesionalisme, motivasi kerja dan iklim organisasi untuk sisanya 27,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dalam penelitian ini.


Keywords


Profesionalisme; motivasi kerja; iklim organisasi; kinerja guru

References


Astika, Nurlintang Fitri, and Ridwan Saptoto. 2018. “Peran Resiliensi Dan Iklim Organisasi Terhadap Work Engagement.†Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) 2(1):38. doi: 10.22146/gamajop.31868.

Barnawi, and Mohammad Arifin. 2017. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Busyra, and Lutfiah. 2020. “Kinerja Mengajar Dengan Sistem Work From Home (WFH) Pada Guru Di SMK Purnawarman Purwakarta.†IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3(01):1–16. doi: 10.37542/iq.v3i01.51.

Darmadi. 2018. Membangun Paradigma Baru Kinerja Guru. Guepedia Publisher.

Fachreza et al. 2018. “Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dan Dampaknya Pada Kinerja Bank Aceh Syariah Di Kota Banda Aceh.†Jurnal Magister Manajemen 2(1):115–22.

Hamzah. 2017. Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis Di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Jamil. 2016. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. AR-RUZZ MEDIA.

Khodijah, Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lewaherilla, Meyke. 2021. “Pengaruh Iklim Organisasi, Fasilitas Belajar Dan Kompetensi IT Terhadap Kinerja Guru SMK Setia Bhakti Tangerang Di Masa Pandemi Covid 19.†Syntax Idea 3(4):867. doi: 10.36418/syntax-idea.v3i4.1132.

Puspitasari, Yeni et al. 2021. “Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru.†6(1).

Rismawati, Mattalata. 2018. Evaluasi Kinerja Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Sakiman, Sakiman. 2019. “Peran Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak Non-PNS Kabupaten Kulon Progo.†Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan 1(1):30. doi: 10.26555/jptp.v1i1.15130.

Sari, Helena Purnama et al. 2019. “Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru Sma.†Perspektif Ilmu Pendidikan 33(1):69–78. doi: 10.21009/pip.331.8.

Sedarmayanti. 2010. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Cetakan ke. Bandung: Mandar Maju.

Silviani, Irene et al. 2020. Komunikasi Organisasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Susanto, Ahmad. 2016. Konsep, Strategi Dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Tarigan, Mida Aprilina. 2020. “Pengaruh Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 6 Percut Sei Tuan.†Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 5(1):43–48. doi: 10.34125/kp.v5i1.462.

Thalib, Najdah et al. 2013. “Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Makassar.†Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 FORUM EKONOMI