Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penumpang menggunakan maskapai

Arif Fakhrudin, Kifni Yudianto, You She Melly A.D

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, citra, pelayanan terhadap keputusan penumpang menggunakan maskapai Garuda Indonesia di bandar udara Lombok. Penelitian ini dilakukan kepada penumpang Garuda Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa pelayanan maskapai Garuda Indonesia. Metode penelitian yang digunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden 100. Untuk mendapatkan data dengan cara memberikan kuesioner secara online kepada responden yaitu penumpang Garuda Indonesia tentang harga, citra, pelayanan dan keputusan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program statistik SPSS release 16.0 for windows. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penumpang sebesar 0,005, variabel citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penumpang sebesar 0,042 dalam menggunakan maskapai Garuda Indonesia, variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penumpang sebesar 0,022 dalam menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Variabel harga, citra dan pelayanan mampu menjelaskan variabel keputusan penumpang sebesar 55,9% dan sisanya 44,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Keywords


Harga; citra; pelayanan; keputusan

References


A Nurul, F., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.†Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134

Ardiansyah, M. A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra terhadap keputusan pemakaian jasa (Studi Kasus Pada PT. Putra Perdana Indoniaga Cabang Jember). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.

Ariono, I. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Kelompok Referensi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kredit Sepeda Motor Di Pt. Federal International Finance Cabang Wonosobo. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i1.434

Budiyanto, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Citra Merek dan Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Lisensi Diving Pada Perusahaan PADI Corp. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 99–115.

Ginting, P. (2005). Pemasaran Pariwisata. USU press.

Handoyo, S. (2011). Aviapedia : Ensiklopedia Umum Penerbangan. PT. Kompas Media Nusantara.

Istighfarin, R., Fitriani, A., & Hapsyah, R. N. L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mcdonald’S Sidoarjo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 116–129. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.936

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kusumah, R. Z. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Waroeng Taman Singosari di Semarang. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/28650/ dikases tanggal 25 juni 2020

Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call For Papers Unisbank, ISBN: 9-789-7936-499-93, 755–762. https://media.neliti.com/media/publications/172666-ID-kualitas-produk-citra-merek-persepsi-har.pdf. diakses tanggal 11 maret 2020

Musholikhah, Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Tableware Pada Cv. Indo Piranti Mulia. Jurnal VALUES, 1(4), 180–189.

Nasution, S. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan, Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 60–69. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.35

Nasution, S. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan, Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Jurnal Ecobisma, 6(1), 60–69.

Nismawati. (2018). ANALISIS PENGARUH KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI KOTA MAKASSAR DENGAN MINAT PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 10(2), 1–15. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12773/1/ANALISIS PENGARUH KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN.pdf. diakses tanggal 11 maret 2020

Novalia, I. C., & Muhtarom, A. (2020). Pengaruh citra merek, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada cv. boga lestari. Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMA), 1(1), 1–13.

Nurlina, Milasari, & Indah, D. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang PT. Citra Van Titipan Kilat Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(1), 1–8.

Nurlisa, & Rahmatus, S. F. (2014). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis Merek Bango (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga Di Komplek Villa Mutiara Johor Ii Dan Taman Johor Mas). 1, 1–5. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Prabowo, Y. W., Apriatni, & Prabawani, B. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Paket Pt. Pos Indonesia (Studi Pada Kantor Pos Johar Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 394–399.

Pranata, B. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Paket Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Medan 20000. Universitas Sumatera Utara.

Pratama, R. D. P., Aryati, I., & Istiqomah. (2020). Strategi Perusahaan Melalui Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kirim Lion Parcel Cabang Karanganyar. Jurnal Edunomika, 4(02), 426–433. https://doi.org/10.29040/jie.v4i02.1179

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media.

Rahmawati, K. N. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KEDAIBANGSAWAN KLATEN. https://eprints.uny.ac.id/54057/1/Tugas Akhir Skripsi_Kartika Nur Rahmawati_13511241028.pdf. diakses tanggal 10 maret 2020

Ranjani, D. Y., & Suhardi, Y. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Salon Michika (Studi Pada Salon Kecantikan Michika Rawamangun). Sekolah Tinggi IlmuEkonomi Indonesia, 1–19.

Riyadh, M., & Nikmah, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Raharjo Tour & Travel Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 490–494.

Rosyid, A. N., W, H. D., & Widayanto. (2013). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek , Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Revo ( Studi Kasus pada Konsumen Sepeda Motor Honda Revo Astra Motor Kebumen ). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC.

Samosir, C. B. H., & Prayoga K, A. B. (2015). Jurnal Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.22441/jimb.v1i3.570

Sandi, W. M. A., & Arafah, S. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Tarif Premi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Asuransi Jasindo Syariah ( Studi Kasus : Customer PT . Astra International Daihatsu Medan Krakatau ). Jurnal FEB, 1(1), 419–429.

Sari, R. D. K., & Astuti, S. R. T. (2012). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, Dan Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada Cv . Mega Jaya Mebel Semarang. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 1, 1–13. http://eprints.undip.ac.id/35854/1/JURNAL_--_Ratna_Dwi_Kartika_Sari_(C2A008232).pdf. diakses tanggal 11 maret 2020

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147. http://journal.budiluhur.ac.id/index.php/ema/article/view/329/273 Diakses tanggal 11 Maret 2020

Siregar, A. I. (2021). Model Keputusan Pembelian Rumah Subsidi Dari Perspektif Fasilitas, Citra Perusahaan Dan Harga(Survey Pada Perumahan Panorama Sakuran Asri Kota Jambi). JIMT -Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(2), 212–224.

Sitio, V. S. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman Pt. Tiki. Jurnal Ilmiah M-Progress, 9(1), 21–31. https://doi.org/10.35968/m-pu.v9i1.266

Soelistio, Y. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Jasa Paket Pos Indonesia (Studi Pelanggan Pos Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta). https://eprints.uny.ac.id/39088/1/YuwanSoelistio_11408144075.pdf Diakses tanggal 6 Maret 2020

Utama, P. W. (2016). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN ROWN DIVISION KOTA SURAKARTA NASKAH. 2002(1), 35–40. https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188

Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo. Excelent : Jurnal Management, Bisinis Dan Pendidikan, 8(1), 70–78.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Arif Fakhrudin, Kifni Yudianto, You She Melly A.D


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi