Pengaruh brand image dan brand trust terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap minat beli ulang

Muchamad Nuril Ihsan, Bambang Sutedjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang. Populasinya adalah Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Amidis yang sudah melakukan pembelian, dengan jumlah sample 87 responden. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji validitas dengan common factor, uji reabilitas dengan cronbach alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Brand Trust berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen, Kepuasan Konsumen berpengaruh terhadap Minat Beli Ulang.


Keywords


Brand image; brand trust; kepuasan konsumen; minat beli ulang

References


Aaker, David, 2014. 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Amroni, A., Purbasari, D. M., dan Aini, N., 2019. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang (Rebuying) Pada Toko Ke Yosin Di Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Jurnal EBI, Vol. 1 No. 2.

Andreani, et al.. 2012. The Impact of Brand Image Towards Loyalty with Satisfaction as A Mediator in McDonaldÂ’s. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, Vol. 5 No. 3, Hal. 64-71.

Azize Sahin, et, al, 2011. The effect of Brand Experiences,Trust and Satisfaction on building Brand Loyalty, An Empirical Research On Global Brands.

Anggara, S., dan Oktafani, F., 2021. Pengaruh Experiental Marketing Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Reddoorz Damanaka. Proceedings of Management, Vol. 8 No. 3.

Basu Swastha, dan Irawan., 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Dewi, Ike Janita., 2009. Creating & Sustaining Brand Equity, Yogyakarta : Amara Books.

Dharmayana, I. M. A., dan Rahanatha, G. B., 2017. Pengaruh brand equity, brand trust, brand preference, dan kepuasan konsumen terhadap niat membeli kembali. Doctoral dissertation, Udayana University.

Fandy, Tjiptono, 2005. Brand Management dan strategy. Yogyakarta : Andi Offset.

Ferdinand, 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Ferrina dewi, Erna., 2008. Merek & Psikologi Konsumen. Edisi 1. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu.

Firdaus, F., 2020. Pengaruh Persepsi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Private Label Indomaret (Studi Pada Konsumen Indomaret Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, Vol. 9 No. 1, Hal. 1-14.

Fatih, G., dan Zengin, Hayrettin., 2013. The Relationship Between Brand Trust, Brand Affect, Attitudinal Loyalty and Behavioral Loyalty : A Field Study towards Sports Shoe Consumers in Turkey. Turkey : Canadian Center of Science and Education, Vol. 5 No. 2, Hal. 111-119.

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS. Edisi 4. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam, 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handi, Irawan, 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Komputindo : Jakarta.

https://amidiswater.com

Hudzaifah, H., dan Idris, I., 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Samsung Smartphone di Undip). Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Jefry, Syaifillah, 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Sarimi Di Kota Batam.

Karyono, S. B., 2016. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Laptop Merek Asus). Bachelor's thesis, Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kotler, P., dan Amstrong, G., 2011. Principles of Marketing 13th Edition. New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, P., dan Keller, K. L., 2016. Marketing Managemen (Global Edition). Edisi 15. England: Pearson.

Kotler, P., dan Keller, K. L., 2016. Marketing Management. Edisi 15. New Jersey : Pearson Education Limited.

Kurniawati, T., Irawan, B., dan Prasodjo, A., 2019. Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan brand image terhadap kepuasan konsumen restoran pizza hut cabang Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, Vol. 6 No. 2, Hal. 147-151.

Lewis, L., dan Sitompul, S. S., 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Brand Trust dan kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, Vol. 6 No. 1, Hal. 112-121.

Maryanto, E., 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Esa Unggul Pengguna Iphone. Papatung : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, Vol. 4 No. 2, Hal. 10-23.

Noegroho, O. A., Suharyono, dan Kumadji, S., 2013. Pengaruh Experiential Marketing Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 2, Hal. 1–7.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., dan Berry, L. L., 1988. Sebuah skala item yang beberapa untuk mengukur persepsi konsumen terhadap kualitas layanan. Journal of Ritel, Vol. 64 No. 1, Hal. 12-40.

Pramudyo, Anung., 2012. Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai intervening. Vol. 1 No. 1, Hal. 3-4

Purba, Kristi, D. A., 2015. Peran Brand Community dalam Pembentukan Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal Aplikasi Manajemen, Hal. 17-24.

Pujadi, Bambang., 2010. Studi Tentang Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli Melalui Sikap Terhadap Merek (Kasus pada Merek Pasta Gigi Ciptadent di Semarang). Semarang : Universitas Diponegoro.

Prastyaningsih, A. S., Imam, S., Dan Yulianto, E., 2014. Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention (Niat Membeli Ulang) (Studi Pada Konsumen Kfc Di Lingkungan Warga Rw 3 Desa Kandangrejo, Kedungpring, Lamongan). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 16 No. 1.

Rahmawati, Evi, dan Sanaji., 2015. Pengaruh Customer Engagement terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Merek Serta Dampaknya pada Loyalitas Merek. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, Vol. 15 No. 2, Hal. 246-261.

Rambat Lupiyoadi., 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta : Salemba Empat.

Reonningrat, N. L. P. A., dan Yuliartini, K., 2018. Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen di Araminth Spa Wellness & Healing Center. Sekolah Tinggi Ilmu (STIE) Ekonomi Triatma Mulya, Vol. 21 No. 1, Hal. 72-81.

Safitri, K., 2017. Analisis Pengaruh Customer Experience dan kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang di Storia Caffe MMXVI. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, Vol. 3 No. 1, Hal. 195532.

Saidani, B., & Arifin, S., 2012. Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol. 3 No. 1, Hal. 1-22.

Sangadji, Etta Mamang, dan Sopiah., 2013. Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Sudrajad, Gilang., 2014. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang (Kasus pada Buck Store di Semarang). Semarang : Universitas Diponegoro.

Suhardi, Gunarto., 2006. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Surabaya. Jurnal Kinerja, Vol. 10 No. 1.

Sugiyono., 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono., 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta, Hal. 117-118.

Tjiptono, Fandy., 2011. Manajemen dan strategi merek, Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, Fandy, dan Chandra, G., 2012. Pemasaran strategik. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tjiptono, F., 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wati, N. M. D. W. K., Imbayani, I. G. A., dan Ribek, P. K., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Prodia Widyahusada . Vol. 1 No. 2, Hal. 108-119.

Yufizar, A. F., Restuti, S., dan Rahayu, D., D., 2017. Pengaruh Experiential Marketing Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Grand Jatra Pekanbaru. Doctoral dissertation, Riau University.

Zeithaml, V. A., Bitner, Mary, J., Gremler, dan Dwayne, D., 2003. Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm, International Edition. Edisi 3. New York : Mc Graw Hill Companies. Inc.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Muchamad Nuril Ihsan, Bambang Sutedjo


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi