Literatur review: mutu pelayanan keselamatan pasien di rumah sakit

Huriati Huriati, Shalahuddin Shalahuddin, Nur Hidayah, Suaib Suaib, Aryati Arfah

Abstract


Tujuan: Untuk mengetahui mutu pelayanan keselamatan pasien di rumah sakit. Metode: Jenis metode yang digunakan yaitu pendekatan literatur review yang diawali dengan pemilihan topik kemudian menuliskan keyword yang sesuai dengan MeSH. Ada empat database yang digunakan dalam literatur ini yaitu Google Scholar, Science Direct, PubMed, dan Garuda. Selanjutnya data diseleksi menggunakan Flow Diagram, assessment yang dilakukan berdasarkan kelayakan terhadap kriteria inklusi dan ekslusi didapatkan 8 jurnal. Hasil: Dari hasil telaah jurnal, terdapat beberapa hal yang mempengaruhi mutu pelayanan keselamatan di rumah sakit antara lain penerapan standar akreditasi, penilaian dimensi budaya keselamatan pasien, gaya dan peran pemimpin, komunikasi tenaga kesehatan terhadap pasien dan keluarga pasien, serta bagaimana persepsi perawat tentang budaya keselamatan pasien. Kesimpulan: Berdasarkan 8 jurnal yang dianalisis menunjukkan adanya pengaruh terhadap mutu pelayanan dan keselamatan pasien di rumah sakit.

Keywords


Keselamatan; mutu pelayanan; pasien; rumah sakit

References


Asmirajanti, M., Aliyupiudin, Y., Rusmini, S., Rumondang, P. R., Chanafie, D., & Supyono, S. (2021). Penerapan Standar Akreditasi Terhadap Mutu Dan Keselamatan Pasien Sebelum Dan Selama Pandemi Covid 19. The Journal of Hospital Accreditation, 3(2), 65–70. https://doi.org/10.35727/jha.v3i2.93

Astari, R. Y. (2020). Mutu Pelayanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Deepublish.

Basri, P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Sasaran RSUD Deli Serdang. Public Health Journal, 7(2).

Carroll, B. W. M. (2021). Artificial intelligence : Optimizing patient care in acute and postacute settings. Nursing Management, November 2021, 29–32.

Chakraborty Subhajit, Kaynak Hale, P. jose. (2021). International Journal of Production Economics Bridging hospital quality leadership to patient care quality. International Journal of Production Economics, 233(October 2020).

Hadi Irwan. (2017). Manajemen Keselamatan Pasien (Teori&Aplikasi) (1st ed.). Deepublish. https://books.google.co.id/books/about/Buku_Ajar_Manajemen_Keselamatan_Pasien.html?id=nV7MDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gb_mobile_entity&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&redir_esc=y

Haritsal Annisa Isti, H. Y. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(1). https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2021&q=keselamatan+pasien+&hl=en&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3D_B4VdLNLqEYJ

Haryoso, A. A., & Ayuningtyas, D. (2019). Strategi Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di RSUD Kepulauan Seribu tahun 2019-2023. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(2), 115–127.

Hasibuan Risky Fadillah. (2021). Kebijakan Peingkatan Mutu dan Keselamatan Pasien.

Hatlie, M. J., Nahum, A., Leonard, R., Jones, L., Nahum, V., Krevat, S. A., Mayer, D. B., & Smith, K. M. (2020). Lessons Learned from a Systems Approach to Engaging Patients and Families in Patient Safety Transformation. Joint Commission Journal on Quality and Patient Safety, 46(3), 158–166. https://doi.org/10.1016/j.jcjq.2019.12.001

Ismainar, H. (2019). Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. DEPUBLISSH.

Klimmeck, S., Sexton, J. B., Schwendimann, R., & Klimmeck, S. (2021). Changes in Safety and Teamwork Climate After Adding Structured Observations to Patient Safety WalkRounds. The Joint Commission Journal on Quality and Patient Safety, 47(12), 783–792. https://doi.org/10.1016/j.jcjq.2021.09.001

Lahdji, A., Setiawan, M. R., & Purnamasari, W. I. (2017). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Klinik Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak Periode Mei-Oktober 2015. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah, 5(2), 1–7.

Mandias Reagen Jimmy dkk. (2021). Keselamatan Pasien Dan Keselamatan Kesehatan Kerja Dalam Keperawatan. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=RKFOEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=mutu+pelayanan+keselamatan+pasien&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=mutu pelayanan keselamatan pasien&f=true

Mappanganro Andi. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Upaya Pencegahan Risiko Jatuh Oleh Perawat Dalam Patient Safety Di Ruang Perawatan Anak Rumah Sakit. Jurnal Medika Utama, 02(01), 402–406.

Muhdar dkk. (2021). Manajemen Patient Safety. Tahta Media Group. https://www.google.co.id/books/edition/_/MVksEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PR1

Mulyatiningsih, S., & Sasyari, U. (2021). Gaya Kepemimpinan yang Efektif dalam Meningkatkan Keselamatan Pasien. Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik, 4(1), 27–35. https://doi.org/10.48079/vol4.iss1.60

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (2nd ed.). Salemba Medika.

Rasheed, A. M., Mhawish, H. A., Asa’Ad, D. S., Almuabbadi, B., Amirah, M. F., Alshammari, B., Aldamaeen, A., & Alharthy, A. (2021). Enhancing family-centered care in the ICU during the COVID-19 pandemic. Nursing Management, 52(8), 34–38. https://doi.org/10.1097/01.NUMA.0000758684.16364.f6

Salawati, L. (2020). Penerapan Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 6(1), 94. https://doi.org/10.29103/averrous.v6i1.2632

Simamora, V. S., Zulfendri, Z., Simamora, R. H., & Asyura Nasution, P. C. C. (2020). Implementasi Patient Safety di Pelayanan Anak Rumah Sakit Umum Haji Medan Tahun 2019. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 8(3), 188–196. https://doi.org/10.14710/jmki.8.3.2020.188-196

Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149. https://doi.org/10.20473/jaki.v6i2.2018.149-155

Wianti Arni & dkk. (2021). Karekteristik Dan Budaya Keselamatan Pasien Terhadap Insiden Keselamatan Pasien. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/2587

Yulisnawati, Zulfendri, & Siti Saidah Nasution. (2020). Nurse’s Perception of Patient Safety Culture in an Effort to Improve Service Quality in the Operating Room of Riau Province Hospital. Britain International of Exact Sciences (BIoEx) Journal, 2(1), 84–94. https://doi.org/10.33258/bioex.v2i1.100




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Huriati Huriati, Shalahuddin Shalahuddin, Nur Hidayah, Suaib Suaib, Aryati Arfah


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi