Analisis penetapan harga pokok produksi berdasarkan metode harga pokok pesanan

Lingkar Pamungkas, Sri Kantun, Dwi Herlindawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian penetapan harga pokok pesanan CV. Tirto Arum Banyuwangi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif. Penentuan lokasi dalam penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu di CV. Tirto Arum Banyuwangi. Metode pengumpulan data menggunakan dokumen dan wawancara. Teknik analisis data yaitu deskriptif evaluatif yaitu dengan membandingkan penetapan harga pokok pesanan pada CV. Tirto Arum dengan standar penetapan harga pokok pesanan menurut teori akuntansi biaya ditinjau dari beberapa komponen yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi penetapan harga pokok pesanan nota pada CV. Tirto Arum sudah sesuai dengan standar penetapan harga pokok pesanan menurut teori akuntansi biaya ditinjau dari beberapa komponen yaitu biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja. Namun, terdapat satu komponen yang kurang sesuai yaitu biaya overhead pabrik, hal ini disebabkan karena CV. Tirto Arum hanya membebankan unsur biaya overhead pabrik berupa biaya bahan penolong saja. Unsur-unsur biaya overhead pabrik yang lain seperti biaya tenaga kerja tidak langsung, biaya listrik dan air, biaya telepon, biaya BBM, biaya depresiasi gedung pabrik, biaya depresiasi mesin offset, biaya depresiasi komputer, dan biaya lain-lain tidak ikut dibebankan. Selain itu, CV. Tirto Arum tidak menghitung taksiran biaya overhead pabrik dan tidak menentukan basis alokasi tertentu, sehingga tidak bisa menetapkan tarif biaya overhead pabrik.


Keywords


Evaluatif; harga pokok pesanan; biaya bahan baku; biaya tenaga kerja; biaya overhead pabrik; akuntansi biaya

References


Dunia, F. A, dkk. (2019). Akuntasi Biaya. Edisi ke-5. Jakarta: Salemba Empat.

Lestari, W. dan D. B. Permana. (2018). Akuntansi Biaya: dalam Perspektif ManajerialEdisi 1 Cetakan 2. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mulyadi. (2016). Akuntansi Biaya. Edisi ke-5. Yogyakarta: Unit Penerbitan dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Universitas Gadjah Mada.

Mursyidi. (2010). Akuntansi Biaya. Bandung: PT Refika Aditama.

Pertiwi, W. K. (2020). “Kementerian Kominfo Siapkan Protokol dan Tahapan New Normalâ€.https://tekno.kompas.com/read/2020/05/18/14493737/kementerian-kominfo-siapkan-protokol-dan-skenario-new-normal?page=all, diakses pada tanggal 17 Januari 2021.

Rahayu, A. C. (2020). “PPGI: Industri percetakan tutup sementara akibat virus corona.†https://industri.kontan.co.id/news/ppgi-industri-percetakan-tutup-sementara-akibat-wabah-virus-corona, diakses pada tanggal 21 Juli 2020.

Samryn, L. M. (2015). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Prenadamedia Group

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V W. (2019). Akuntansi Biaya. Yogyakarta. Pustaka Baru Press

Surjadi, L. (2013). Akuntansi Biaya. Jakarta: PT. Index.

Usman, H dan P.S. Akbar. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Widoyoko, E. P. S. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Lingkar Pamungkas, Sri Kantun, Dwi Herlindawati


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi