Meningkatkan keputusan pembelian melalui integrated marketing communication (imc), brand positioning dan kualitas produk

Muinah Fadhilah, Putri Dwi Cahyani, Mutiah Nurrohmah

Abstract


Kemajuan teknologi telah banyak mempengaruhi pola hidup masyarakat, begitu juga pada minat dalam menggunakan transportasi yang cenderung lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti motor untuk kegiatan sehari-hari. Honda Genio merupakan skuter matic keluaran terbaru dari PT Astra Honda Motor, namun berdasarkan data penjualan motor Honda di PT Tunas Jaya Mekararmada, penjualan motor Honda Genio ini cenderung lebih rendah dibandingkan dengan jenis skuter matic dari Honda motor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC), Brand Positioning dan Kualitas Produk terhadap keputusan Pembelian Motor Honda Genio. Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat Kota Yogyakarta yang memiliki motor Honda Genio. Teknik yang digunakan adalah dengan purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 80 orang responden yang diukur dengan skala likert. Untuk teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Integrated Marketing Communication (IMC) (X1) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y), brand positioning (X2) berpengaruh positif terhdap keputusan pembelian (Y) dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara simultan variabel Integrated Marketing Communication (IMC) (X1), brand positioning (X2) dan kualitas produk (X3) berpengaruh positif terhadap keputusan Pembelian Motor Honda Genio di Yogyakarta.


Keywords


Integrated marketing communication (imc); brand positioning,; kualitas produk,; keputusan pembelian

References


Abdullah, T., Siswhara, G., & Asyifa, F. N. (2019). Increasing Consumer Purchase Decisions. Tourism Scientific Journal, 4, 201–210.

Alvatwa, N. I., & Kunci, K. (2021). Citra Merk , Fitur dan Kualitas Produk dalam keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. 4(2), 816–825.

Amilia, S., & Asmara, M. O. (2017). Pengaruh Citra Merek , Harga , dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12), 1–15.

Damarjati, I. H., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2016). The Influence Of Integrated Marketing Communication ( Imc ) On Brand Equity And Purchase Decision ( Survey on Indosat-M3 customers among members of Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya class of 2014 ). 34(1), 29–37.

Diwati, F., & Santoso, T. I. (2015). Influence of Strategies Integrated Marketing Communication (IMC) to Consumer Buying Decisions on Tour & Travel Business in the Region of Yogyakarta Special Region. Jurnal STIEBBANK, Vol. 6, No(Imc), 33–54. http://ebbank.stiebbank.ac.id/index.php/EBBANK/article/viewFile/75/78

Fatmaningrum, S. R., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. 4(1), 176–188.

Fuad, N. A., Arifin, Z., & Yulianto, E. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pemilik Sepeda Motor Honda Beat Karburator di AHASS Barokah Motor Kediri). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 45.

Hanafi, A., & Wahab, Z. (2016). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Pada Keputusan Perpanjangan Sewa Penyewa Kios Di Palembang Square Mall ( Ps Mall ). Jurnal Manajemen, XX(3), 488–506.

Imaningsih, E. S., & Rohman, S. (2018). The Model Of Product Quality , Promotion , Price , And Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi, XXIII(02), 260–271.

Jatmiko, & Setyawati, R. L. (2015). Pengaruh Brand Positioning Dan Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Ekonomi, 6(November), 18–32.

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1(8), 1251–1259. https://doi.org/10.1002/pola.21914

Lestari, D. P. (2021). “Pengaruh“Pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Furniture di CV Racak†(Issue Imc, p. 2021).

Maharani P, C., & Andrianto, T. (2016). Pengaruh Brand Positioning Wonderful Indonesia Terhadap Keputusan Wisatawan Mancanegara Untuk Berkunjung Ke Indonesia (Survei Terhadap Wisatawan Mancanegara Asal Singapore, Malaysia dan Australia). THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 4(1), 741. https://doi.org/10.17509/thej.v4i1.1983

Memey, & Siagian, H. L. (2019). Pengaruh Brand Positioning Dan Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 49–71.

Octaviany, V., & Shiddiq, M. A. (2015). The Influence Of Brand Positioning Fun , Art And Education Bale Seni Barli-Kota Baru Parahyangan Toward Visit Decision In Bale Seni Barli-Kota Baru Parahyangan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 68–79.

Prabela, C., Kumadji, S., & Mawardi, M. (2016). Pengaruh Integrated Marketing Communication (Imc) Dan Public Relations Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian ( Survei pada Pengunjung HARRIS Hotel & Conventions Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 35(2), 155–163.

Prasetyo, A., Fadhilah, M., & Cahyani, P. D. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Konsumen Produk Dazzle Di Yogyakarta). 1(4), 730–740.

Pratiwi, N. T., & Zaini, A. (2018). Pengaruh Integrated Marketing Communication ( Imc ) , Public Relations , Dan Citra Merek Terhadap Keputusan. 49–53.

Putri, H. R. A., Fadhilah, M., & Maharani, B. D. (2021). Meningkatkan Keputusan Pembelian Make Up Brand Lokal Wardah Melalui Celebrity Endorser , Brand Image dan Product Quality Pada Mahasiswi S1. 8, 138–146.

Suyuti, Sahyunu, & Enjelina, M. (2019). Keputusan Pembelian Smartphone Vivo ( Studi Kasus Pada Toko Satria Nusantara Kendari ). 2, 1–10.

Wadi, M. H., Fadhilah, M., & Hutami, L. T. H. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur). 6(April), 172–181. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.223

Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Emba, 1(4), 607–618.

Widayati, D. W. I. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen, 2(2), 65–74.

Wiyono Gendro. (2020). Buku Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS 25 & SmartPLS 3.2.8 (2nd ed.). UPP STIM YKPN, YOGYAKARTA.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Muinah Fadhilah, Putri Dwi Cahyani, Mutiah Nurrohmah


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi