Pengaruh tarif, keamanan dan kenyamanan terhadap loyalitas konsumen

Oky Suma Putra, Ambar Lukitaningsih, Putri Dwi Cahyani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tarif, keamanan, dan kenyamanan terhadap loyalitas konsumen Grab di kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data diambil dengan metode kuesioner. Peneliti mengambil sampel konsumen dengan syarat telah menggunakan layanan pemesanan lebih dari dua kali. Jumlah data yang diolah sebanyak 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2010 dan IBM SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas dan heteroskodastisitas, maka kuesioner dapat dikatakan layak untuk diuji. Kemudian dilanjutkan dengan uji t, uji f, koefisien determinasi dan analisis regersi berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel tarif berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, variabel keamanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dan variabel kenyamanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dan secara simultan variabel tarif, keamanan, kenyamanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.


Keywords


Tarif; keamanan; kenyamanan; loyalitas konsumen

References


Bambang, A., & Heriyanto, M. (2017). Pengaruh Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova. Journal Of Management FISIP, 4(2), 1–11.

Batik, S. (2018). PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI ONLINE GRAB PADA MAHASISWA FEBI UIN WALISONGO SEMARANG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG, 48(2), 123–154.

Harahap, A. S. (2018). KEPUASAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE GRAB. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA MEDAN.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia V 0.4.0 Beta (40). In Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (5th ed.). kbbi.kemdikbud.go.id

Noviantika, S., Artiningsih, D. W., & Wicaksono, T. (2019). PENGARUH TARIF DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI GRAB DI BANJARBARU. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nurmuchtar, H. (2019). PENGARUH KEAMANAN, FITUR LAYANAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI ONLINE GRAB BIKE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I FEB UMSU). Jurnal Ilmiah Universitas Sumatera Utara, 1–66.

Sanjaya, L. J., Sawitri, D. R., Psikologi, F., & Diponegoro, U. (2018). Hubungan Antara Kenyamanan Pelayanan Dengan Loyalitas Pelanggan: Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Pengguna Layanan Go-Jek Di Semarang. Empati, 6(4), 149–156.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (19th ed.).

Sumarwan, U. (2014). Model Keputusan Konsumen. Perilaku Konsumen, 5(August), 1–41.

Tresiya, D., Djunaidi, D., & Subagyo, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kenyamanaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Perusahaan Jasa Ojek Online Go-Jek Di Kota Kediri). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 208, E-ISSN : 2621-2374.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Oky Suma Putra, Ambar Lukitaningsih, Putri Dwi Cahyani


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi