Pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan csr sebagai variabel moderating

Erika Sri Lestari, Risal Rinofah, Alfiatula Maulida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan  CSR sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019, dengan mengetahui besarnya pengaruh dari variabel yang diteliti, diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang baik untuk perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan Populasi seluruh perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Metode dalam penelitian ini menggunakan Non-probability Sampling dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Sampling Purposive. Bedasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 52 perusahaan dari 193 perusahaan manufaktur. Teknik analisis pada penelitian ini  menggunakan regresi linier berganda dan analisis regresi moderating (MRA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage  berpengaruh signifikan terhadap nilai manajemen, Sedangkan  kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Dari hasil uji analisis regresi moderating (MRA) menunjukkan bahwa pengungkapan CSR  tidak dapat memoderasi  pengprofitabilitas, leverage dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Profitabilitas; leverage; kepemilikan manajerial; pengungkapan csr; nilai perusahaan

References


Anita, A., & Yulianto, A. (2016). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Management Analysis Journal, 5(1).

Asyik, N. F., & Putri Zafirah Nabila Amro. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi.

Ayuningtyas, D. (2019). Duh! Emiten Tekstil Terpukul & Harga Saham Anjlok. Www.Cnbcindonesia.Com. Https://Www.Cnbcindonesia.Com/Market/20191003123029-17-104139/Duh-Emiten-Tekstil-Terpukul-Harga-Saham-Anjlok

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals Of Financial Management 15 Edition. Cengage Learning.

Budi, D., Supadi, P., & Amin, M. N. (2012). Pengaruh Faktor Fundamental Dan Risiko. Media Riset Akuntansi, Auditing, & Informasi, 12, 23–45.

Cheryta, A. M., Moeljadi, & Indrawati, N. K. (2017). The Effect Of Leverage, Profitability, Information Asymmetry, Firm Size On Cash Holding And Firm Value Of Manufacturing Firms Listed At Indonesian Stock Exchange. International Journal Of Research In Business Studies And Management, 4(4), 21–31. Http://Dx.Doi.Org/10.22259/Ijrbsm.0404004

Christiani, L., & Herawaty, V. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. 1–7.

Devi Ratna Anggari Irwanto Handojo, & Supriatna, D. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI Dengan CSR Sebagai Variabel Moderasi.

Dewa, G. P., Fachrurrozie, & Utaminingsih, N. S. (2014). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Luas Pengungkapan Csrsebagai Variabel Moderasi. Accounting Analysis Journal, 3(1), 62–69. Https://Doi.Org/10.15294/Aaj.V3i1.3911

Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(10), 6099–6118.

Dwi, K., & Pradnyana, D. (2018). Moderasi Corporate Social Responsibility Pada Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. 24, 253–281.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunadi, I. G. N. B., Putra, I. G. C., & Yuliastuti, I. A. N. (2020). The Effects Of Profitabilitas And Activity Ratio Toward Firms Value With Stock Price As Intervening Variables. International Journal Of Accounting & Finance In Asia Pasific, 3(1), 56–65. Https://Doi.Org/10.32535/Ijafap.V3i1.736

Hanafi, M. M., & Abdul Halim. (2018). Analisis Laporan Keuangan (Edisi Keli). Upp Stim Ykpn.

I Gusti Ngurah Gede Rudangga, & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4394–4422. Https://Doi.Org/10.32528/Psneb.V0i0.5210

Irham, F. (2014). Pengantar Manajemen Keuangan. Penerbit Alfabeta.

Itsnaini, H. M., & Subardjo, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Nilai. 6.

Johan, R. S., & Septariani, D. (2021). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014 Sampai 2018. Jabe (Journal Of Applied Business And Economic), 7(2), 261. Https://Doi.Org/10.30998/Jabe.V7i2.7656

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Pt. Rajagrafindo Persada.

Kurniasari, W., & Warastuti, Y. (2015). The Relationship Between Csr And Profitability To Firm Value In Sri-Kehati Index. The International Journal Of Economic Behavior - Ijeb, 5(1), 31–41. Https://Doi.Org/10.14276/2285-0430.1895

Lestariwati, N. R., Maslichah, & Dwiyani Sudaryanti. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Size, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jra Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang, 09(02), 53–72.

Made, N., Dewi, L., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. 28, 26–54.

Mehta, C.R., And Patel, N. R. (2007). Spss Exact Tests. Spss16.0 Manual, January, 1–220.

Mufidah, N., & Purnamasari, P. E. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating Nur Mufidah Puji Endah Purnamasari Abstrak Meningkatkan Nilai Perusahaan Adalah Tujuan Utama Ba. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah Volume, 6(1), 64–82.

Nila, L., & Suryanawa, I. K. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23, 2145–2174.

Nisa, I. K. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Sebagai Variabel Moderating.

Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(9). Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2020.V09.I02.P17

Nugraha, R., & Alfarisi, M. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136. Https://Journal.Stieamkop.Ac.Id/Index.Php/Mirai

Permana, I. S., & Hendra, R. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Deviden. Seminar Nasional Multidisiplin, 2, 107–124.

Pracihara, S. M. (2016). Pengaruh Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2011-2014).

Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal Of Economics And Business, 5(1), 149. Https://Doi.Org/10.33087/Ekonomis.V5i1.195

Putri, Z. B., & Budiyanto. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating.

Rachman, A. A., & Maghviroh, R. El. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility ( Csr ), Kepemilikan Manajerial Dan Institusional. 114–119.

Ratih, I. D. A., & Damayanthi, I. G. A. E. (2016). Epemilikan Manajerial Dan Profitabilitas Pada Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(2).

Riyanti, & Munawaroh, A. (2020). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1). Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Jmmb/Article/View/5917

Ryan, M., Daeng, Y., Gusti, N., & Wirawati, P. (2017). Pengaruh Profitabilitas Dan Kepemilikan Manajerial Pada Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Csr Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 21(3), 2052–2080. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2017.V21.I03.P13

Safitri, Y., Abrar, & Budi, E. S. (2018). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal Of Accounting Universitas Pandanaran Semarang, 1(4), 1–18.

Seally Nuraida Naqsyabandi. (2014). Analisis Penilaian Perusahaan Pada Sektor Perbankan Yang Terdiversifikasi (Studi Kasus Perusahaan Perbankan Go Publik 2013-2014). 634. Https://Hsgm.Saglik.Gov.Tr/Depo/Birimler/Saglikli-Beslenme-Hareketli-Hayat-Db/Yayinlar/Kitaplar/Diger-Kitaplar/Tbsa-Beslenme-Yayini.Pdf

Setianingrum, H. (2013). Pengaruh Komponen Karakteristik Perusahaan Terhadap Intellectual Capital Disclosure ( Studi Perusahaan Go Publik Yang Tergabung Dalam Indeks.

Sholekah, F. W., & Lintang Venusita. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Firm Size Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan High Profile Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2008-2012. 2.

Solikin, I., Widaningsih, M., & Lestari, S. D. (2015). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. 3(2), 724–740.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, X(1), 21–39.

Tarek, Y. (2019). The Impact Of Financial Leverage And Csr On The Corporate Value: Egyptian Case. International Journal Of Economics And Finance, 11(4), 74. Https://Doi.Org/10.5539/Ijef.V11n4p74

Tenriwaru, & Fadliah Nasaruddin. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. 3(01), 68–87.

Titisari, K. H., Moeljadi, Ratnawati, K., & Indrawati, N. K. (2019). The Roles Of Cost Of Capital, Corporate Governance, And Corporate Social Responsibility In Improving Firm Value: Evidence From Indonesia. Investment Management And Financial Innovations, 16(4), 28–36. Https://Doi.Org/10.21511/Imfi.16(4).2019.03

Topowijono, M. Y. P., & Sulasmiyati, S. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2014. 35(1).

Tumanan, N., & Ratnawati, D. (2021). Pengaruh Likuiditas , Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan , CSR Sebagai Pemoderasi. 14(1), 123–135.

Wahyuni, S. F. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Vol. 1, Issue 1, Pp. 109–117).

Wahyuni, W., A P, I. N. N., & Hidayati, S. A. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2010 – 2017). Jmm Unram - Master Of Management Journal, 7(2), 72. Https://Doi.Org/10.29303/Jmm.V7i2.383

Wiagustini, N. L. P. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Udayana University Press.

Wibowo, Ramadani And Aisjah, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb Universitas Brawijaya, 2(1), 1–14.

Widianingsih, D. (2018). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Serta Komite Audit Pada Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Csr Sebagai Variabel Moderating Dan Firm Size Sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 19(1), 38. Https://Doi.Org/10.29040/Jap.V19i1.196

Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1278–1311.

Yustisia Puspaningrum. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia). 1, 1–14.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Erika Sri Lestari, Risal Rinofah, Alfiatula Maulida


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi