Rekonstruksi pola perilaku ekonomi dan krisis pesona yang dihadapi produsen di masa pandemi covid-19

Sudirman Sudirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi pola perilaku ekonomi masyarakat di masa pandemic covid-19. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kepustakaan (literatur). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis sistematik literature review. Melalui metode ini, penelitian menginterpretasikan studi-studi yang berkaitan dengan perilaku produsen maupun konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umunya masyarakat mengalami perubahan pola perilaku dalam menjalankan aktivitas ekonomi di masa pandemi covid-19. Perilaku masyarakat Indonesia, baik produsen maupun konsumen pada masa pandemic lebih bersikap introvert, karena itu mereka cenderung bersikap low contact dengan menjalankan aktivitasnya di rumah, termasuk dalam melakukan kegiatan jual beli cenderung dilakukan dengan memanfaatkan media aplikasi online. Pola hubungan seperti ini, dinilai lebih aman dari penularan virus covid-19. Disamping itu,  juga lebih mengutamakan membeli produk-produk untuk pemenuhan kebutuhan dasar.


Keywords


Rekonstruksi; perilaku konsumen; produsen; pandemi covid-19

References


Agustini, P. (2020). Menkominfo: UMKM Sumbang 60 Persen PDB Indonesia – Ditjen Aptika. In Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. https://aptika.kominfo.go.id/2020/10/menkominfo-umkm-sumbang-60-persen-pdb-indonesia/

Arafah, M. (2020). Pola Transformasi Pelaku Ekonomi Di Era Transisi Pandemik Ke New Normal. Al-Tsarwah, 3(2), 164–181. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.342.1

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3(1995), 103–111.

Cahya Puteri Abdi Rabbi, Abdi, Puteri Cahaya. (2020). Pandemi Covid-19 Memicu Empat Perubahan Besar Perilaku Konsumen " , https://katadata.co.id/happyfajrian/brand/605a31cf8e81f/pandemi-covid-19-memicu-empat-perubahan-besar-perilaku-konsumen

Cholilawati, & Suliyanthini, D. (2021). Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi COVID-19. Pendidikan, IX(April 2020), 03. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/4316

Dwiastuti, R., Shinta, A., Isaskar, R., & et al. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. In Universitas Brawijaya Press (UB Press). http://www.mendeley.com/import/

Fadillah, M. N., & Subchan, M. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Marketplace Di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 12(1), 123–129.

Hamdan, Y. (2001). Pernyataan Visi dan Misi Perguruan Tinggi. In Mimbar (Vol. 17, Issue 1, pp. 90–103). http://www.jpkk.edu.my/jpkk/index.php/maklumat-kami/visi-dan-misi.html

Kurniawan, Alek (2020). Pola Perilaku Masyarakat Berubah Selama Pandemi, Apa yang Harus Dilakukan Brand: https://money.kompas.com/read/2020/10/19/174700526/pola-perilaku-masyarakat-berubah-selama-pandemi-apa-yang-harus-dilakukan-brand.

Rudy Irwansyah, Khanti Listya, Amanda Setiorini, Ita Musfirowati Hanika, Muhammad Hasan, Kurniawan Prambudi Utomo, Ahmad Bairizki, Ambar Sri Lestari, Denok Wahyudi Setyo Rahayu, Marisi Butarbutar, Hayati Nupus, Imanuddin Hasbi, Elvera, Diana Triwardhani. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung, Penerbit: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG (Grup CV. Widina Media Utama). Cetakan pertama. ISBN: 978-623-6092-05-7.

Firmansyah Anang . (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta. Penerbit: CV. BUDI UTAMA. Cetakan Pertama

Rohmah, A. (2020). Pandemi covid-19 dan dampaknya terhadap perilaku konsumen di indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Salam, M. A. K. (2020). Perilaku Produksi di Tengah Krisis Global Akibat Pandemi Covid-19 dan Memanfaatkan Media Online Facebook Sebagai Alternatif Pasar. Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi ISSN: 1979-9888, 1–21. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6834

Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIII(2), 140–146. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=7425&val=544&title=Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Suhari Yohanes. (2010). E-Commerce : Model Perilaku Konsumen. Jurnal Dinamika Informatika, 2(2).

Suhari Yohanes. (2010). E-Commerce : Model Perilaku Konsumen. Jurnal Dinamika Informatika, 2(2).

Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat ). Jurnal Bestari, 19(1), 56–66.

suroyo & Gayatri. (2020). Indonesia Mengalami Resesi dalam Lebih dari 20 Tahun. Media Asia Financial, 5 November 2020. diakses pada tanggal 10 Desember 2021 file:///Users/andijuliajunus/Documents/Jurnal%20Pandemi/suroyo%20&%20Gayatri.webarchive

W. Lubis, M. Syahran. (2020). Begini Perubahan Perilaku Konsumen Gara-gara Corona: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200414/12/1227101/begini-perubahan-perilaku-konsumen-gara-gara-corona.

Zulkarnain, I., & W, H. N. (2019). Analisis Perilaku Produsen Dalam Mengembangkan Produk Berbasis Kearifan Lokal Tangerang Selatan. Inovasi, 6(2), 69. https://doi.org/10.32493/inovasi.v6i2.y2019




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Sudirman Sudirman


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi