Analisis pengaruh (banking internal service quality) terhadap kepuasan kerja karyawan

Endang Rahayu, Kamilah K

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bintqual (Banking Internal Service Quality) Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan satu variable independen yaitu Bintqual (Banking Internal Service Quality) dan satu variable dependen yaitu Kepuasan kerja karyawan. Sampel yang digunakan adalah seluruh karyawan Bank Sumut Syariah Cabang Medan yaitu sebanyak 33 sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji regresi linier sederhana, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian uji instrument, data penelitian valid dan reliable. Pada uji asumsi klasik, hasil penelitian bahwa data berdistribusi normal. Pada uji t menunjukkan bahwa variable Banking Internal Service Quality (X) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan kerja karyawan (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil statistic uji t untuk variable Banking Internal Service Quality (X) ditunjukkan dengan nilai 0,043 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 21 % kepuasan kerja di pengaruhi oleh Banking Internal Service Quality dan sisanya sebesar 79 % dipengaruhi oleh variable lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian tersebut, hasil penelitian ini relevan dengan teori yang dikemukakan oleh Syarifah Hudayah, bahwa semakin baik Kualitas Layanan Internal yang diberikan, maka akan meningkatkan kepuasan kerja pada karyawan yang berpengaruh kepada loyalitas dan kesetiaan nasabah dalam bertransaksi pada bank tersebut.

Keywords


Kualitas layanan internal bank; kepuasan kerja

References


Ahmadi Bi Rahmani, Nur. (2016). Metode Penelitian Ekonomi. Febi UINSU Press, edisi pertama

Alwie, A. F. (2014). "Pengaruh Internal Service Quality Terhadap Kepuasan Karyawan Pada PT Bank Riau Kepri". Jurnal Ekonomi Islam Vol 6.

Ananda, E. D. (2019). "Pemanfaatan Tekhnologi Informasi". Jurnal Studi Deskriptif Pemanfaatan Tekhnologi, 3. SMKN 1 dan SMKN 4 Surabaya

Asikin,Amirudin Zainal. (2013). Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Batubara, Chuzaimah, et. al. (2018). Handbook Metodologi Studi Islam. Jakarta Timur: Prenamedia Group.

Dariyo,Agus. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Grasindo.

Fattah, H. A Hussein . (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai. Yogyakarta : Elmatera.

Ghozali, Imam. (2013). Apakah Analisis Multivariate Dengan Program (Edisi Ketujuh), Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hudayah, S. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Internal terhadap Kepuasan Kerja, kualitas layanan eksternal, kepuasan nasabah dan kinerja Bisnis pada BPD Kalimantan Timur. Disertasi Universitas Hasanuddin Makasar.

Irwan, M., Nasution, P., & Kamilah, K. 2020. Face Recognition Login Authentication for Digital Payment Solution at COVID-19 Pandemic.

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta : Prenamedia Group.

Jajuli, M. Sulaeman. (2015). Produk Pendanaan Bank Syariah. Yogyakarta : Deepublish.

Kamilah,Annio Indah Lestari, “Peran Industri Lembaga Keuangan Mikro Syariah dalam Mengatasi Masalah Kesenjangan dan Distribusi Pendapatan di Kota Medan. “Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Kasmawati. (2018). "Pengaruh Etika Pelayanan dalam Perspektif Islam terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pajak di Kab Wajo". Skripsi Uin Alauddin Makasar.

Kusuma, L. P., & Sutanto. (2016). "Peranan Kerja Sama Tim dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Zolid Agung Perkasa". Jurnal Manajemen Dan Start Up Bisnis.

Lestari, A. I., & Kamilah. (2019). "Peran Industri Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Mengatasi Masalah Kesenjangan Dan Distribusi Pendapatan Di Kota Medan". Jurnal Human Falah, Vol 6.

Pangemanan, F. L. (2017). "Pengaruh Work Life Ballance dan Burnout terhadap kepuasan kerja". Jurnal Administrasi Bisnis.

Rakhdi, H. F. (2018). "Pengaruh Kualitas Layanan Internal terhadap Kepuasan Karyawan di BMT Dana Mulya Syariah Cabang Kalianda". Skripsi Uin Raden Intan Lampung.

Rauda, S. (2020). "Pengaruh Work Life Ballance dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan kerja Karyawan di Bank Mandiri Syariah Kantor Cabang Palembang". Skripsi UIN Raden Fatah Palembang.

Siehoyono, L. (2018). "Analisis Hubungan Latar Belakang Karyawan dan Pengaruh Kualitas Layanan Internal terhadap Kepuasan Karyawan di Hotel X Surabaya". Jurnal Program Manajemen Perhotelan Universitas Petra.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Endang Rahayu, Kamilah K


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi