Pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan, manfaat, keamanan dan pengaruh sosial terhadap minat penggunaan fintech

Trisna Aditya, Luh Putu Mahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan hasil pengujian secara empiris faktor – faktor yang mempengaruhi minat generasi milenial di provinsi Bali dalam menggunakan fintech. Teori yang digunakan dalam menganalisis minat penggunaan fintech adalah kombinasi dari teori Technology Accaptence Model (TAM) dan Theory Planned Behavior (TPB) sebagai acuan teroritis penelitian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan probability sampling dan teknik pengambilan sampel simple random sampling menggunakan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 140 responden. Kemudian alat analisis yang digunakan menggunakan software SmartPLS 3.2.9. hasil pengujian secara empiris menunjukan minat generasi milenial untuk menggunakan fintech dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh literasi keuangan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, pengaruh sosial dan persepsi keamanan. Bukti lain menunjukan bahwa persepsi keamanan memiliki skor path coefficient yang tertinggi yang diikuti dengan persepsi kemudahan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa generasi milenial lebih mementingkan sistem keamanan fintech yang menjamin informasi pribadi mereka, juga aman ketika melakukan transaksi. Kemudian generasi milenial lebih suka melakukan sesuatu dengan praktis dan tidak memakan waktu, dalam hal ini bertransaksi menggunakan fintech. Penting bagi perushaan fintech untuk memberikan jaminan kemanan sistem dan kemudahan dalam bertransaksi menggunakan fintech.


Keywords


minat penggunaan fintech; literasi keuangan; generasi milenial; persepsi

References


Adhi Prakosa, D. J. W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Ulang E-Walletpada Generasi Milenial Di Daerah. Ejurnal.Unim, 3, 275. Https://Doi.Org/10.35393/1730-006-002-014

Adiwibowo, Lili, Hurriyati, Ratih, Dan M. S. (2012). Analisis Perilaku Pengguna Teknologi Informasi Pada Perguruan Tinggi Berstatus Bhmn (Studi Penerapan Teknologi Informasi Pada Fpeb Universitas Pendidikan Indonesia). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 10(1), 1–21.

Afifah, I. N., & Pratiwi, A. R. (2019). Analisis Persepsi Keamanan Dan Kerahasiaan, Kegunaan, Kemudahan Dan Kesiapan Teknologi Informasi Yang Mempengaruhi Minat …. Journal Of Accounting And Capital Market …. Http://Jurnal.Bcm.Ac.Id/Index.Php/Jma/Article/View/25

Ahmad, & Pambudi, B. S. (2013). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadapminat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri). Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Anisyah Al Faqir. (2021). Penyebab Masih Banyak Masyarakat Tertipu Praktik Investasi Bodong. Merdeka.Com. Https://Www.Merdeka.Com/Uang/Penyebab-Masih-Banyak-Masyarakat-Tertipu-Praktik-Investasi-Bodong.Html

Block, D. (2017). Political Economy In Applied Linguistics Research. In Language Teaching (Vol. 50, Issue 1). Https://Doi.Org/10.1017/S0261444816000288

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology. Mis Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. Https://Doi.Org/10.2307/249008

Ermawati, N., & Delima, Z. M. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Dan Pengalaman Terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-Filing (Studi Kasus Wajib …. Jurnal Akuntansi Indonesia. Http://Jurnal.Unissula.Ac.Id/Index.Php/Jai/Article/View/895

Fadlan, A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Mobile Banking …. Universitas Brawijaya. Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/Viewfile/2652/3045

Fauziah Mursid, E. M. (2020). Kominfo: Pengguna Internet Di Indonesia Capai 175,5 Juta. Republika.Com. Https://Republika.Co.Id/Berita/Qhgibx335/Kominfo-Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Capai-1755-Juta-Jiw

Financial Stability Board. (2017). Financial Stability Implications From Fintech: Supervisory And Regulatory Issues That Merit Authorities’ Attention. Financial Stability Board, June, 1–61. Www.Fsb.Org/Emailalert

Hasan, H. N., & Suciarto, S. (2020). The Influence Of Attitude, Subjective Norm And Perceived Behavioral Control Towards Organic Food Purchase Intention. Journal Of Management And Business Environment (Jmbe), 1(2), 132. Https://Doi.Org/10.24167/Jmbe.V1i2.2260

Ida Mentayani, Rusmanto, R. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi Kemudahan, Risiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Immawati, S. A., & Dadang. (2019). Minat Masyarakat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology ( Fintech ) Di Kota Tangerang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–8.

Joseph F. Hair, Jr, G.Tomas M. Hult, Christian M. Ringle, M. S. (2013). A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls - Sem). In Long Range Planning (Vol. 46, Issues 1–2). Sage Publications Ltd. Https://Doi.Org/10.1016/J.Lrp.2013.01.002

Kartika Sari. (2020). Analisis Pengaruh Penerimaan Fintech Ovo Dan Gopay Terhadap Minat Menggunakan Fintech Kartika. Analisis Pengaruh Penerimaan Fintech Ovo Dan Gopay Terhadap Minat Menggunakan Fintech Kartika, 1(1), 1–12.

Laksana, G. B. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi …. Jurnal Administrasi Bisnis. Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/1066

Latifiana, D. (2017). Studi Literasi Keuangan Pengelola Usaha Kecil Menengah (Ukm). Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis. Https://Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Index.Php/Snpe/Article/View/10635

Linardi, C., & Nur, T. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berdonasi Melalui Platform Crowdfunding. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(2), 249–267. Https://Doi.Org/10.31842/Jurnalinobis.V4i2.181

Mahyuni, L. P. … Setiawan, I. W. A. (2020). Bagaimana Bisnis Eco-Park Menarik Minat Milenial? Sebuah Model Untuk Memahami Intensi Milenial Mengunjungi Eco-Park. Forum Ekonomi, 22(2), 218–231.

Marchelina, D., & Pratiwi, R. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Penggunaan E- Money (Studi Kasus Pada Pengguna E-Money Kota Palembang). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 1–17. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/162164902.Pdf

Meiliska, A. … Universitas, M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat. 2(November), 122–131.

Miswan Ansori. (2020). View Metadata, Citation And Similar Papers At Core.Ac.Uk. 274–282.

Mulasiswi, Cut Musni; Julialevi, K. O. (2020). Optimalisasi Financial Teknologi ( Fintech ) Terhadap Peningkatan Literasi Dan Inklusi Keuangan Usaha Menengah Purwokerto. Performance, 27(1), 12–20.

Nasution, D. A. D. … Muda, I. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. Https://Doi.Org/10.22216/Jbe.V5i2.5313

Nurdin … Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan,Kemudahan Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2), 199–222. Https://Doi.Org/10.24239/Jipsya.V2i2.32.198-221

Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Literasi Keuangan. Https://Www.Ojk.Go.Id/Id/Kanal/Edukasi-Dan-Perlindungan-Konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.Aspx

Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Lampiran Ii Sp 03 / Swi / V / 2021 Daftar Fintech Peer-To-Peer Lending Ilegal. 1. Https://Www.Ojk.Go.Id/Id/Berita-Dan-Kegiatan/Siaran-Pers/Documents/Pages/Siaran-Pers-Jelang-Lebaran-Waspadai-Penawaran-Fintech-Lending-Dan-Investasi-Ilegal/Lampiran Ii Fintech P2p Ilegal - Mei 2021.Pdf

Poetri, A. R. (2010). Adopsi E-Commerce Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Bagi Ukm. Skirpsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pradita, L. A. … Ekonomi, F. (2021). Pengaruh Attitude , Subjective Norrms , Perceived Behavior Control , Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use , Dan Subsidy Terhadap Minat Pengguna Financial Technology Pada E-Commerce. 10(1), 9–23.

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2019.V27.I02.P04

Puneet Bhushan, Y. M. (2020). Financial Literacy And Its Determinants. International Journal For Research In Applied Science And Engineering Technology, 8(7), 1174–1179. Https://Doi.Org/10.22214/Ijraset.2020.30445

Purnami, R. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Dan Kerahasiaan, Kepuasan Nasabah Terhadap Kepercayaan Nasabah Pada Layanan E-Banking Bank Mandiri Di Surabaya. Doctoral Dissertation, Stie Perbanas Surabaya.

Rahayu, P. P. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan …. Dspace.Uii.Ac.Id. Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Handle/123456789/13912

Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. Y. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet. … : Journal Of Economics And Banking. Http://182.253.197.68/Jurnal/Index.Php/Econbank/Article/View/100

Romadloniyah, A. L., & Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E …. Jurnal Penelitian …. Https://Www.Jurnalekonomi.Unisla.Ac.Id/Index.Php/Jpensi/Article/View/164

Saleh, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kualitas Pembelajaran Keuangan Terhadap Penggunaan Fintech Mahasiswa Manajemen Dan …. Manor: Jurnal Manajemen Dan Organisasi …. Https://Journal.Unifa.Ac.Id/Index.Php/Manor/Article/View/243

Sari, Zuan Mareta, P. P. W. (2016). Pengaruh Norma Subjektif, Perceived Behavioral Control Dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Peer-To-Peer Lending (Studi Kasus Pada Kota Malang). Universitas Brawijaya, 7(2), 1–16.

Sayekti, F., & Putarta, P. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(3), 196–209.

Sijabat, Y. P., & Giovanni, A. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Penggunaan Teknologi Keuangan Sebagai Alat Pembayaran. 3(1), 46–53.

Siti Nur Annisa Amalia. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Individu Terhadap Financial Technology Syariah Paytren Sebagai Salah Satu Alat Transaksi Pembayaran: Pendekatantechnology Acceptance Model Dan Theory Of Planned Behavior Siti. 41(1).

Sulmi, A. A. K. … Kara, M. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar). Islamic Banking, Economic And Financial Journal, 1(2), 59–73.

Syafitri. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) Pada Aplikasi Ovo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Upgris Angkatan 2016-2019). Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu), 4, 1008–1036.

Wang, E. S. T., & Chou, N. P. Y. (2014). Consumer Characteristics, Social Influence, And System Factors On Online Group-Buying Repurchasing Intention. Journal Of Electronic Commerce Research, 15(2), 119–132.

Wardhana, O. H. P. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wibowo, S. F. … Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa …. Jrmsi-Jurnal Riset …. Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Jrmsi/Article/View/541

Widodo, W., & Susanto, A. (2018). Gender Sebagai Variabel Kontrol : Pengaruh Persepsi Keamanan Dan Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Konsumen Online. Pemberdayaan Dan Penguatan Daya Saing Bisnis Dalam Era Digital, 375–393. Https://R.Search.Yahoo.Com/_Ylt=Awr9ckmhzlfg33maadhxnyoa;_Ylu=Y29sbwnncteecg9zazeednrpzandmtyxmv8xbhnlywnzcg--/Rv=2/Re=1616002823/Ro=10/Ru=Https%3a%2f%2fris.Uksw.Edu%2fdownload%2fmakalah%2fkode%2fm02422/Rk=2/Rs=Hlgt1136f_Aaitbfdqgaquqoujm-

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). Https://Doi.Org/10.21831/Nominal.V6i1.14330




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v24i2.10330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 FORUM EKONOMI