Evaluasi program dana desa

Kaharuddin Kaharuddin, Rusli Rusli

Abstract


Alokasi dana desa merupakan Program pemerintah pusat dalam melakukan akselerasi pembangunan. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga yang berada pada pelosok pedesaan. Selain dialokasikan untuk pembangunan, program juga diharapkan dapat dilakukan dengan pemberdayaan dan peningkatan sumber daya manusia pedesaan. Berdasarkan hal tersebut, maka riset tentang evaluasi dana desa sangat dibutuhkan. Penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan evaluasi terhadap seluruh komponen dalam implementasi program dana desa. Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi CIPP. Model evaluasi CIPP adalah singkatan dari Context, Input, Process dan Product. Pemilihan model evaluasi CIPP berdasarkan subyektifitas peneliti karena model evaluasi CIPP merupakan kerangka yang komprehensif untuk mengarahkan pelaksanaan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif terhadap objek program, proyek, personalia, produk, institusi dan sistem. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan kepada para pemangku kepentingan terkait rekomendasi hasil akhir penelitian. Berdasarkan hasil riset evaluasi diperoleh skor 77,78% untuk evaluasi Context. 87, 51% untuk evaluasi input. 71,42 % untuk evaluasi Process dan 87,51% untuk evaluasi Product. Berdasarkan hasil penelitian merekomendasikan agar program dilanjutkan dengan beberapa perbaikan dan penyempurnaan.


Keywords


Evaluasi; program; CIPP; dana desa

References


Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman teoritis praktis bagi praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wirawan. 2011. Evaluasi. Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta. Raja Grafindo Perkasa.

Sugiyono. 2016. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 (Perpres 60/2014) tentang dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Dana Desa

Peraturan menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Trsansmigrasi Nomor 5 Tahun 2015 tentang penetapan prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2015 (PMD 2015)

Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2001 tentang penyelenggaraan tugas pembantuan, pemerintah pusat dan pemerintah Daerah.

Sofianto, dkk. 2017. Pengelolaan Dana Desa dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan di Desa Banyuates Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang. Jurnal Riset Manajemen Unisma Vol. 6 No. 4. Hal. 28-38.

Muryadi, Agustinaco Dwi. 2017. Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS Vol. 3 No. 1. Hal 1-16.

Eti, Kristina, dkk. 2019. Analisis Pengelolaan Alokasi Dana desa Dalam Pembangunan Desa. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 8 No. 3. Hal. 120-124.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Kaharuddin Kaharuddin, Rusli Rusli


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi