Analisis bauran pemasaran, perilaku konsumen dan citra merek terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan

Ramli S Ramli S, Hasbullah Hasbullah

Abstract


Dalam era persaingan bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) atau sering disebut dengan nama air mineral saat ini semakin bervariasi dan sangat kompetitif, diperlukan terobosan baru yang dapat menimbulkan minat konsumen untuk memilih dan tertarik dengan produk yang ditawarkan. Banyak perusahaan yang melakukan berbagai macam ide-ide kreatif dalam mengatasi persaingan yang ada terutama pada perusahaan yang bergerak pada produk yang sama. Perusahaan saling berlomba untuk mempertahankan eksistensinya dan menjaga kepercayaan konsumen pada produk yang dipasarkannya. Produk dapat merebut hati konsumen yang senang mencoba-coba dan membandingkan antar produk yang satu dengan produk yang lainnya, perilaku konsumen tentu saja dapat menyebabkan permintaan air minum dalam kemasan sehingga akan berpengaruh pada penjualan. Semakin banyak perusahaan menawarkan produk air minum dalam kemasan mengakibatkan ketatnya persaingan, sehingga membuat pelaku bisnis saling bersaing. Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikannya 0,000 < 0,05 dan nilai thitung  5,611 > nilai ttabel 1,66196, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikannya 0,000 < 0,05 dan nilai thitung  7,451 > nilai ttabel 1,66196, perilaku konsumen berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikannya 0,980 > 0,05 dan  nilai thitung  - 0,025  <  nilai ttabel 1,66196 .Variabel citra merek yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Le Minerale di wilayah Kabupaten Mamuju dengan nilai koefesien beta 0,533 lebih besar dari nilai koefesien beta bauran pemasaran yaitu 0,404


Keywords


Bauran pemasaran; perilaku konsumen; citra merek; keputusan pembelian

References


Assauri Sofjan, 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Penerbit Rajawali Pers

Buchari Alma, 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kelima. Bandung : CV. Alfabeta

Daryanto dan Ismanto Setyabudi, 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima Yogyakarta: Gava Media.

Djaslim Saladin, 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaranâ€, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya

Ferdinand, 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali Imam, 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas D

Hair, Jr et.al. 2010. Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson.

Hotman Panjaitan, 2013 Analisis Respon Konsumen Melalui Sistem Tekonologi Informasi, Kualitas Layanan Citra Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Timur. Surabaya: PT. Refka Petra Media

Kotler Phlilip & Amstrong, 2012. Principles of Marketing (14th ed). United States : Pearson

Kotler Phlilip & Keller, 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga

Kotler Phlilip dan Kevin Lene keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta

Kotler Phlilip, 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Gramedia

Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7â€. Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi Rambat, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat

Munandar. A.S, 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : UIRamadhan

Schiffman & Kanuk, 2008. Perilaku konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks

Schiffman dan Kanuk, 2010. Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall

Setiadi, J. Nugroho, 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suparyanto dan Rosad, 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta

Tjiptono Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Ramli S Ramli S, Hasbullah Hasbullah


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi