Analisis bauran pemasaran, perilaku konsumen dan citra merek terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan
Abstract
Dalam era persaingan bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) atau sering disebut dengan nama air mineral saat ini semakin bervariasi dan sangat kompetitif, diperlukan terobosan baru yang dapat menimbulkan minat konsumen untuk memilih dan tertarik dengan produk yang ditawarkan. Banyak perusahaan yang melakukan berbagai macam ide-ide kreatif dalam mengatasi persaingan yang ada terutama pada perusahaan yang bergerak pada produk yang sama. Perusahaan saling berlomba untuk mempertahankan eksistensinya dan menjaga kepercayaan konsumen pada produk yang dipasarkannya. Produk dapat merebut hati konsumen yang senang mencoba-coba dan membandingkan antar produk yang satu dengan produk yang lainnya, perilaku konsumen tentu saja dapat menyebabkan permintaan air minum dalam kemasan sehingga akan berpengaruh pada penjualan. Semakin banyak perusahaan menawarkan produk air minum dalam kemasan mengakibatkan ketatnya persaingan, sehingga membuat pelaku bisnis saling bersaing. Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikannya 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 5,611 > nilai ttabel 1,66196, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikannya 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,451 > nilai ttabel 1,66196, perilaku konsumen berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikannya 0,980 > 0,05 dan nilai thitung - 0,025 < nilai ttabel 1,66196 .Variabel citra merek yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Le Minerale di wilayah Kabupaten Mamuju dengan nilai koefesien beta 0,533 lebih besar dari nilai koefesien beta bauran pemasaran yaitu 0,404
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Assauri Sofjan, 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Penerbit Rajawali Pers
Buchari Alma, 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kelima. Bandung : CV. Alfabeta
Daryanto dan Ismanto Setyabudi, 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima Yogyakarta: Gava Media.
Djaslim Saladin, 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaranâ€, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya
Ferdinand, 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali Imam, 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas D
Hair, Jr et.al. 2010. Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson.
Hotman Panjaitan, 2013 Analisis Respon Konsumen Melalui Sistem Tekonologi Informasi, Kualitas Layanan Citra Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Timur. Surabaya: PT. Refka Petra Media
Kotler Phlilip & Amstrong, 2012. Principles of Marketing (14th ed). United States : Pearson
Kotler Phlilip & Keller, 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga
Kotler Phlilip dan Kevin Lene keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta
Kotler Phlilip, 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Gramedia
Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7â€. Jakarta : Erlangga
Lupiyoadi Rambat, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat
Munandar. A.S, 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : UIRamadhan
Schiffman & Kanuk, 2008. Perilaku konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks
Schiffman dan Kanuk, 2010. Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall
Setiadi, J. Nugroho, 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suparyanto dan Rosad, 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta
Tjiptono Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset
DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ramli S Ramli S, Hasbullah Hasbullah
Editorial Address
FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi