Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian

Alyasinta Viela Tusanputri, Amron Amron

Abstract


Belanja online saat ini menjadi trend masyarakat indonesia. Perkembangan teknologi yang kian pesat memberikan perubahan pada perilaku konsumen dalam melakukan pembelian. Salah satunya melakukan pembelian secara online, seperti berbelanja menggunakan platform e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa krusial serta seberapa besarnya pengaruh program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Tiktok Shop. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif kausal. Dimana sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden yang sebelumnya telah dihitung menggunakan rumus Rao Purba, dengan karakteristik minimal berusia 17 tahun, sudah pernah belanja atau melakukan transaksi menggunakan Tiktok Shop, dan pernah menggunakan program gratis ongkir milik TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan teknik skala likert dengan dilakukan beberapa uji seperti Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji koefisien determinan / R square, dan Uji analisis jalur dalam pengujian hipotesis dilakukan Uji T dan Uji F dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa semua hipotesis diterima, Iklan dan Program Gratis Ongkir memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara stimulan Iklan dan Program Gratis Ongkir juga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. 


Keywords


Iklan; program gratis ongkir; keputusan pembelian

References


Abdulhakim, A. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua-Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-anak di Media Sosial TikTok. (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science).

Anggreini, Dewi U. (2021). Viral Tiktok Shop di Indonesia. Bisnika.com

Ardia, I. (2021). Apa itu Tiktok Shop? Ini Penjelasan dan Cara Berbelanja di Tiktok Shop. Beritadiy. https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/tekno/pr-702635561/apa-itu-tiktok-shop-ini-penjelasan-dan-cara-belanja-di-fitur-baru-tiktok

Dewa, Chriswardana B. & Safitri, Lina A (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie). Yogyakarta, Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata dan Budaya. Vol 12

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep & Kinerja (Pertama). Jakarta: Mitra Wacana Media

Himayati. (2008). Eksplorasi Zahir Accounting. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Pratiwi, Wayan A. & Rahanatha, Gede B (2017). Peran Brand Awareness Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Indomie Di Kota Denpasar. Bali: E-Jurnal Manajemen Unud. Fkultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol 5

Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (TikTok) Sma Negeri 3 Pati. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PRO SNAMPAS) Vol 13

Shopee.co.id (2021). Syarat dan Ketentuan Program Gratis Ongkir. https://shopee.co.id/docs/6914

Sufa, F. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan terhadap Efektifitas Iklan Televisi Mie Sedap. Diponegoro Journal Of Management. Vol 1

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2019). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian-Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss

Taofik, A. (2021). 6 Langkah Daftar Tiktok Shop, Bisa Berjualan di Tiktok dan Menghasilkan Banyak Uang. Bagikan Berita. https://bagikanberita.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-682783446/6-langkah-daftar-tiktok-shop-bisa-berjualan-di-tiktok-dan-menghasilkan-banyak-uang-segera-eksekusi-di-sini

Weiss, G. (2020). TikTok added 12 million unique U.S visitors in March, as watch time surges in quarantine. Tubefilter https://www.tubefilter.com/2020/04/28/tiktok-added-12-million-unique-us-visitors-in-march/




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Alyasinta Viela Tusanputri, Amron Amron


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi