Pengaruh citra merek dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen

Nina Masfufah, Ugy Soebiantoro

Abstract


Semakin banyak bermunculan lembaga pendidikan non formal menyebabkan timbulnya persaingan antar lembaga yang ketat. Atas dasar pemikiran tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Konsumen terhadap Kepuasan Konsumen Sony Sugema College Unit Trunojoyo Sidoarjo. Peneletian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden (peserta didik) Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik di Sony Sugema College Unit Trunojoyo Sidoarjo. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probably sampling denan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner secara langsung. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable Citra Merek dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen Sony Sugema College Unit Trunojoyo Sidoarjo.

Keywords


Citra merek; kepercayaan konsumen; kepuasan konsumen

References


Amelia, iM., i& iSugiono, iS. i(2012). iAnalisis iPengaruh iKualitas iPelayanan iTerhadap iKepuasan iSiswa iDalam iMengikuti iKursus iDi iLembaga iBimbingan iBelajar i(Studi iPada iSiswa iSma iLembaga iBimbingan iBelajar iIpiems iCabang iBanyumanik iSemarang) i(Doctoral iDissertation, iFakultas iEkonomika iDan iBisnis).

Ana, iLuthfia iRose i(2017) iPengaruh iKualitas iPelayanan, iCitra, iBiaya iDan iPromosi iTerhadap iKepuasan iPelajar iDalam iMenggunakan iBimbingan iBelajar iPrimagama iDi iKota iSemarang. iSkripsi,Fakultas iEkonomi i& iBisnis.

Firmansyah, iM iAnang. i2019. iPemasaran iProduk iDan iMerek i(Planning i& iStrategy). iSurabaya i: iQiara iMedia.

Indrasari, iMeithiana. i(2019). iPemasaran iDan iKepuasan iPelanggan. iSurabaya i: iUnitomo iPress.

Karneli, iO. i(2016). iPengaruh iCitra iMerek iDan iKepercayaan iMerek iTerhadap iLoyalitas iKonsumen i(Studi iKasus iPada iKoran iHarian iPt. iRiau iPos iIntermedia iPekanbaru) i(Doctoral iDissertation, iRiau iUniversity).

Kasinem, iK. i(2020). iPengaruh iKepercayaan iDan iKualitas iPelayanan iTerhadap iKepuasan iKonsumen iPada iHotel iBukit iSerelo iLahat. iJurnal iMedia iWahana iEkonomika, i17(4), i329-339.

Lucyana, iW. i(2014). iPengaruh iCitra, iKualitas iJasa, iDan iPromosi iTerhadap iKeputusan iKonsumen i(Studi iPada iPrimagama iSooko, iMojokerto). iJurnal iPendidikan iTata iNiaga i(Jptn), i2(2).

Maulidi, iA. iN., iRachma, iN., i& iRahmat, iA. i(2019). iPengaruh iTrust iDan iCommitment iTerhadap iKepuasan iDan iLoyalitas iPada iLembaga iBimbingan iBelajar iNeutron iKota iMalang. iJurnal iIlmiah iRiset iManajemen, i8(07).

Nurlia, iT. i(2019). iPengaruh iKualitas iPelayanan, iHarga iDan iCitra iMerek iTerhadap iKepuasan iMahasiswa. iJurnal iLentera iBisnis, i8(2), i104-119.

Pendidikan, iD. i(2021) iPendidikan iNon iFormal i– iPengertian, iManfaat, iKonsep, iPentingnya iDan iContohnya. iDipetik iApril i02, i2021, iDari iSitus iWeb: iHttps://Www.Dosenpendidikan.Co.Id/Pendidikan-Non-Formal/

Putra, iA. iS. i(2018). iPengaruh iCitra iMerek i(Brand iImage) iDan iKepercayaan iMerek i(Brand iTrust) iTerhadap iLoyalitas iKonsumen i(Studi iPada iKonsumen iSmartphone iLenovo iDi iDiy). iJurnal iManajemen iBisnis iIndonesia i(Jmbi), i7(3), i252-260.

Rinjani, iN. i(2019). iAnalisis iKepercayaan, iKualitas iPelayanan iDan iHarga iTerhadap iLoyalitas iKonsumen i(Doctoral iDissertation, iIain iKudus).

Sangadji, iE.M., iDan iSopiah. i2013. iPerilaku iKonsumen iPemdekatan iPraktis iDisertai iHimpunan iJurnal iPenelitian. iYogyakarta i: iAndi iYogyakarta.

Sari, iA. iA. iAyu iR.P., iDan iNi iNyoman iK.Y. i2020. iKepercayaan iPelanggan iDi iAntara iHubungan iCitra iPerusahaan iDan iKewajaran iHarga iDengan iLoyalitas iPelanggan iMapemall.Com. iKlaten i: iLakeisha.

Senjaya, iR. iH., iSuharno, iS., i& iKuleh, iY. i(2021). iPengaruh iPersepsi iNilai iDan iKepercayaan iSerta iCitra iLembaga iTerhadap iKepuasan iSiswa iDi iLembaga iKursus iDan iPelatihan iMulti iSarana iInformatika iSamarindarsepsi iNilai iDan iKepercayaan iSerta iCitra iLembaga iTerhadap iKepuasan iSiswa iDi iLembaga iKursus iDan iPelatihan iMulti iSarana iInformatika iSamarinda. iJurnal iIlmu iManajemen iMulawarman i(Jimm), i5(4).

Setiyaningsih, iD. iN., i& iKoeshatono, iD. i(2014). iPengaruh iKepuasan iDan iKepercayaan iKonsumen iTerhadap iLoyalitas iKonsumen iDengan iSwitchingcost iSebagai iVariabel iMediasi. iJurnal iUniversitas iAtma iJaya iYogyakarta.

Sudaryana, iY. i(2020). iPengaruh iKualitas iPelayanan, iKepercayaan iDan iHarga iTerhadap iKepuasan iKonsumen iPada iKantor iPos iIndonesia i(Persero) iKota iTangerang. iJournal iOf iManagement iReview, i4(1), i447-455.

Sugiyono. i2015. iMetode iPenelitian iKuantitatif, iKualitatif, iDan iR&D. iBandung i: iAlfabeta.

Wahyono, iB. iJalur iDan iJenjang iPendidikan i(Menurut iUu iSisdiknas). iDipetik iDesember i21, i2020, iDari iSitus iWeb: iHttp://Www.Pendidikanekonomi.Com/2012/12/Jalur-Dan-Jenjang-Pendidikan-Menurut-Uu.Html?M=1

Wijaya, iF. iS., i& iHidayati, iR. i(2021). iAnalisis iPengaruh iCitra iMerek, iKewajaran iHarga, iDan iLingkungan iFisik iTerhadap iKepuasan iKonsumen iPada iTower iCafe iTembalang. iDiponegoro iJournal iOf iManagement, i9(3).

Dipetik iJuni i21, i2021, iPukul i21.00, iHttps://Www.Topbrand-Award.Com/Top-Brand-Index/

Zaki iMulyana, iF. i(2016). iPengaruh iCitra iMerek iTerhadap iLoyalitas iPelanggan iDi iHotehl iHolyday iIn iBandung. i




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Nina Masfufah, Ugy Soebiantoro


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi