Pengaruh likuiditas, leverage dan sales growth terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi

Sri Ayem, Rosalina To Wea Nuwa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris bahwa likuiditas, leverage dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan profitabilitas dalam memoderasi hubungan ketiga variabel dependen pemoderasi pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019 Titik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 12 perusahaan yang memenuhi kriteria dengan pengamatan selama 4 tahun. Data yang digunakan berupa data sekunder yang berasal dari laporan keuangan dan laporan tahunan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi termoderasi (MRA).


Keywords


Likuiditas; manfaat; pertumbuhan penjualan; profitabilitas; tanggung jawab sosial perusahaan

References


Almira Mari'fati Robiah, T. E. (2017). Pengaruh Leverage, Size dan Kepemilikan Manejerial Corporate Social Responsibility Disclosure. p-ISSN: 2550-0376 | e-ISSN: 2549-9637, 9.

Ana Wahyuningsih, N. M. (2018). Pengaruh Size, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdapat Di Bursa Efek Indonesia. Kalbisocio,Volume 5 No. 1 Februari 2018, 9.

Darius Sidauruk, A. Y. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Sales Growth Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Ekonomi. Vol 1. No 3, 9.

Entherthiman Galvani Tampubolon, D. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di Bursa Efek Indonesia. p-ISSN: 2302-9560 /e-ISSN: 2597-4599, 6.

Esti Rofiqkoh, M. P. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Volume 5, Nomor 10, Oktober 2016, 18.

Fitri Aulia Arif, A. W. (2016). PENGARUH Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. ASSETS, Volume 6, Nomor 2, Desember 2016: 177-195, 18.

Galih Fajar Pamungkas, W. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdapat Di Bursa Efek Indonesia. ISSN. 2720-9687, 15.

Hasnia, S. R. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah Volume 12, Nomor 1, Mei 2017: 56–71, 15.

Kurniawan, Y. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Ris Minimization Terhadaoo Pengungkapan Corporate Social Responsibility. VOL. 11 NO. 1 JUNI 2020 , 11.

Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan Spss untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating Terhadap Hubungan Antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XIV, No.2, Juli 2009 : 90-97 , 7.

Liani Agnelia, Y. R. (2020). Pengaruh Biaya Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan. ISSN: 2460-6561, 4.

Mafhud, S. (2016). Pengaruh Size, Profitabilitas, Leverage dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Volume 5 Nomor 2, Tahun 2016, Halaman 1-14, 14.

Miswan Gumanti, B. H. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Ukuran Perusahaan Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi . MSEJ, 2(1) 2021: 1-6, 6.

Putri, R. K. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Basis Kepemilikan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2012-2014. JOM Fekon Vol. 4 No. 1 (Februari) 2017 , 13.

Vivi Apriliyanti, H. V. (2019). Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Kesempatan Investasi Terhadap Nilai dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti Vol. 6 No. 2 September 2019, 23.

Wahyuningsih. (2018). Pengaruh Likuiditas dan Sales Growth Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. 16.

Yausi Rara Putri, W. S. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Sales Growth dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Indeks Kompas 100 Tahun 2017-2018. Vol. 4, No. 1, 2020, 01-11| ISSN: 2548-9917, 11.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Sri Ayem, Rosalina To Wea Nuwa


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi