Pengaruh kepribadian hardiness, lingkungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha generasi milenial

Ni Komang Sri Artaningih, Luh Putu Mahyuni

Abstract


Untuk mencapai tujuan penelitian, pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Theory of planned behaviour digunakan sebagai pemandu proses pengumpulan dan analisis data serta pembahasan. Sebanyak 100 kuesioner terkumpul dan dianalisis menggunakan teknik analisis PLS-SEM dengan bantuan SmartPLS 3. Penelitian ini membuktikan terdapatnya pengaruh positif dan signifikan kepribadian hardiness dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha generasi milenial. Akan tetapi, penelitian ini tidak memperoleh hasil signifikan untuk hubungan positif antara lingkungan keluarga dan intensi berwirausaha. Kepribadian hardiness memberi pengaruh paling besar terhadap intensi berwirausaha generasi milenial (path coefficient 0.487), diikuti oleh pendidikan kewirausahaan (0.383). Lingkungan keluarga sangat lemah pengaruhnya terhadap intensi berwirausaha (0.112). Generasi milenial memiliki kepercayaan diri yang baik dalam menentukan apa yang menjadi keinginannya. Pendidikan kewirausahaan memegang peranan penting untuk memastikan generasi milenial dengan kepercayaan diri yang baik ini dapat mengembangkan minatnya berwirausaha pada masa muda. Model penelitian ini memiliki nilai R2 yang cukup tinggi, yaitu 0.703, hal ini berarti model penelitian yang diuji secara empiris dalam penelitian ini dapat diandalkan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi intensi berwirausaha generasi milenial.


Keywords


Kepribadian hardiness; lingkungan keluarga; pendidikan kewirausahaan; intensi berwirausaha; generasi milenial

References


Ajzen, I. (1991). Atitudes, Personality, and Behavior (Second Edition). Library of Congres.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior, (2nd edition). Open University Press-McGraw Hill Education.

Amin, R. P. Al. (2017). Hubungan Kepribadian Hardiness Dengan Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya. Jurnal Psikologi.

Azeem, S. M. (2010). Personality hardiness, job involvement and job burnout among teachers. International Journal of Vocational and Technical Education, 2(3).

Buchari, A. (2013). Kewirausahaan. Alfabeta.

Costa, T. ., & Mares, P. (2016). Factors Af- fecting Students’s Entrepreneurial Intentions of Polytechnic Institute of Setubal A Cogni- tive Approach. Revista de Administração, Contabilidade a Economia Da Fundace, 7(1), 102–117.

Ghazali, I. (2013). Aplikasi Analisis Dengan Program Spss IBM Spss 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haddouche, H., & Salomone, C. (2018). Generation Z and the tourist experience: tourist stories and use of social networks. Journal of Tourism Futures, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.1108/JTF-12-2017-0059

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications, Inc.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. PT. Raja Grafindo Persada.

Kobasa, Maddi, S. C., Kahn, S. R., & Stephen. (1982). Hardiness and Health: A Prospective Study. Journal of Personality and Social Psychology, 42(1), 168–177.

Krueger, J., Reilly, D., & Carsrud, L. (2000). Competing Models Of EtrepreneurialIntention. Journal Of Business Venturing, 15, 411–432.

Kwon, N. (2017). Coming attractions: Generation Y. Food and Food Industries – Grocery Trade. 121(5), 41–45.

Mahyuni, L. P., Permana, G. P. L., Yoga, I. M. S., & Setiawan, I. W. A. (2020). Bisnis Eco-Park Di Mata Milenial: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi Milenial Mengunjungi Eco-Park. Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 75. https://doi.org/10.35590/jeb.v7i1.1689

Mahyuni, L. P., Yoga, I. M. S., Permana, G. P. L., & Setiawan, I. W. A. (2020). Bagaimana Bisnis Eco-Park Menarik Minat Milenial? Sebuah Model Untuk Memahami Intensi Milenial Mengunjungi Eco-Park. Forum Ekonomi, 22(2), 218–231.

Marini, C. K. (2014). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195–207.

Munawar, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 398–406. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.105

Permatasari, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 1–127.

Pratana, N. K., & Margunani. (2019). Pengaruh Sikap Berwirausaha, Norma Subjektif dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 533–550. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31489

Putri, S. F. G. (2019). Intensi Berwirausaha Ditinjau Dari Kepribadian Hardiness Pada Mahasiswa UIR Sebagai Pelaku Usaha. Jurnal Psikologi.

Ramadhan, Y. A., Sari, M. T., Assa, R. M., Psikologi, F., Psikologi, F., & Psikologi, F. (2019). Hubungan Antara Kepribadian Hardiness Dengan Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Samarinda. Jurnal Psikologi.

Schultz, D., & Schultz, S. E. (2002). Psychology and Work Today. Eight Edition. Prentice Hall.

Semiawan, C. (2010). Pendidikan Keluarga Dalam Era Global. PT. Preenhalindo.

Sifa, F., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 273–289.

Slamet, F., & Dkk. (2014). Dasar-dasar kewirausahaan: Teori & Praktik. PT. Indeks.

Soemanto, W. (2002). Pendidikan Wiraswasta. PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Suryana. (2016). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.

Syaifudin, A. (2019). Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wiratna, S. V. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustaka Baru Press.

Wulandari, L. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kepribadian, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 13.

Zimmerer, T. W. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v23i3.10030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 FORUM EKONOMI