Pengaruh green marketing dan brand image terhadap loyalitas konsumen

Yola Berliana Bhaswara, Finisica Dwijayati Patrikha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah loyalitas konsumen dapat dipengaruhi oleh green marketing dan brand image. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks di kota Surabaya, kemudian sampel diambil dengan menggunakan metode proportional random sampling sebanyak 100 responden yang terdapat di gerai starbucks yang tersebar di seluruh kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan dua variabel bebas yaitu green marketing dan brand image dan variabel terikatnya adalah loyalitas konsumen. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS yang kemudian diketahui bahwa green marketing dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan secara parsial, green marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dan citra merek juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Keywords


pemasaran hijau; citra merek; loyalitas konsumen

References


K Crisjatmiko,Towards Green Loyalty: The Influences Of Green Perceived Risk, Green Image, Green Trust And Green Satisfaction.The 4th International Seminar On Sustainable Urban Development Iop Publishing Iop Conf. Series: Earth And Environmental Science 106 (2018) 012085 DOI :10.1088/1755-1315/106/1/012085

Khayatin, N., Yulianto, E., & Mawardi, M. (2017). PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Pelanggan Teh Kotak),. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 47(2), 154–161.

Kurniawati, D. Suharyono. Andriani, K. 2014. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis. Malang. Vol. 14 No. 2

Makatumpias, D., Moniharapon, S., & Tawas, H. N. (2018). Pengaruh Green Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan the Effect of Green Product and Brand Image on the Purchase Decision. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, 6(4), 4063–4072.

Osiyo, A. K., & Samuel, H. (2018). Pengaruh Green Marketing Terhadap Green Brand Image Dan Purchase Intention Pelanggan Pada Starbucks Coffee Malang. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1–9.

Rejeki, Ds. Fauzi, A. Yulianto, E. 2015. Green Marketing Pada Keputusan Pembelian Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis. Malang. Vol. 26 No. 1

Sari, I., & Setiawan, P. (2017). Pengaruh Green Marketing Dan Packaging Terhadap Brand Image Dan Loyalitas Pelanggan Pada Konsumen Starbucks Coffee. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(7), 250817.

Windayanti. Chrysnaputra, Rd. 2020. Pengaruh Green Brand Image terhadap Brand Loyalty Yang Dimediasi Oleh Green Satisfaction. Malang. Jurnal Perbankan Syariah. Volume 1, Nomor 2, Juli 2020. P-ISSN 2721-9615 / E-ISSN 2721-9623.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.9991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yola Berliana Bhaswara, Finisica Dwijayati Patrikha


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan