Pengaruh fitur produk dan promosi cashback terhadap keputusan pembelian

Nadir Alamsyah, Saino Saino

Abstract


Penelitian ini memilikiitujuanwuntuk menganalisisdpengaruhefitur produk dan promosi cashback terhadapk keputusan pembelian menggunakan marketplace tokopedia. Populasi pada penelitian yaitu konsumen dewasa pernah memakai aplikasi tokopedia berjenisq kelamin laki-laki maupun perempuan. Penelitian disiini menggunakan penelitianqdeskriptif kuantitatif. Teknik pengambilanq sampelnya memakai purposive random sampling dengan jumlah 100 ressponden. Sumber data menggunakan data primer yaitu menggunakan angket online berupa google form. Teknik analisis data yang digunakan ialah regresi linier,uuji f, dan uji hipotesis (uji t)2dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasilapengujian menunjukkan bahwa fitur produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan promosi cashback juga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk fitur produk dan promosi cashback memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada marketplace tokopedia.


Keywords


Fitur produk; promosi cashback; keputusan pembelian

References


Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Qiara Media.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi pemasaran.

Khalqi, F. A. H. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Citra Merek dan Shopping Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian di Situs Belanja Online Shopee. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Khoirunnisa, & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Fitur Produk, dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Aplikasi ovo Sebagai Alat Transaksi Belanja. … Tata Niaga (JPTN), 8(3), 979–984.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education,Inc.

Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143–152. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.143-152

Oliveira, M. G., Universitário, F. A. E. C., Maria, A., & Toaldo, M. (2015). New Times , New Strategies : Proposal For An Additional Dimension To The 4 P ’ S For E-Commerce. 12(1), 107–124. https://doi.org/10.4301/S1807-17752015000100006

Sriningsih, N. W., & Patrikha, F. D. (2020). … Strategi Promosi Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Moderasi Kepercayaan Di Marketplace Shopee. … Tata Niaga (JPTN), 8(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36017

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabet.

Suharno, & Sutarso, Y. (2010). Marketing In Practice. Graha Ilmu.

Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2012). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi.

Umaningsih, W. P., & Wardani, D. K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan E-Money. Jurnal Akutansi Dan Ekonomi, 5(21), 113–119. https://doi.org/10.29407/jae.v5i3.14057

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 6, 440–456.

Zarei, A. (n.d.). Identification of Key Success Factors - in Developing a Character Merchandising in the Iranian Marketplace using Grounded Theory Method 10(3), 567–582. https://doi.org/10.22059/jibm.2018.248932.2892




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nadir Alamsyah, Saino Saino


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan