Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian

Dina Aprilia Nirmala, Saino Saino

Abstract


Perkembangan teknologi semakin mempermudah masuknya budaya luar termasuk penyebaran budaya Korea yang ada di Indonesia saat ini. Mie sedaap korean spicy chiken adalah mie instan dengan cita rasa masakan Korea. Cita rasa pedasnya yang dapat diatur sendiri serta tekstur mie nya yang berbeda menjadi ciri khas mie sedaap korean spicy chicken. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mie sedaap korean spicy chicken di Sidoarjo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis faktor. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket yang disebarkan secara online  menggunakan google form dengan total 90 responden. Dari 18 sub indikator terbentuk empat faktor baru yang mempengaruhi keputusan pembelian mie sedaap korean spicy chicken di Sidoarjo. Faktor pertama adalah faktor sikap, faktor kedua adalah faktor kelompok referensi, faktor ketiga adalah gaya hidup dan faktor keempat adalah motivasi. Faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian mie sedaap korean spicy chicken adalah faktor sikap dengan nilai of variance sebesar 43,245%.


Keywords


Analisis faktor; keputusan pembelian; stimuli pemasaran; mie sedaap korean spicy chicken

References


Ahmatang, & Saputri, I. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Made in Korea pada Mahasiswa di Kota Tarakan. Dimensi, 444-460.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo. Dipetik Mei 24, 2021, https://sidoarjokab.bps.go.id/

Basith, A., & Fadhilah, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk pada McDonalid's di Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 191-202.

Dharmmesta, Swasta, B., & Handoko, T. H. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPPFE.

Khasan, U. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian White Coffe. Jurnal Utbag Kebijakan, 157-161.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Pearson Prerice Hall.

kompas.com. (2019). Dipetik Januari 31, 2021, dari Varian Rasa Baru Mie Sedaap Korean Spicy Chicken: https://www.kompas.id/baca/adv_post/mie-sedaap-goreng/

Nafali, M., & Soepono, D. (2016). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Makanan Mie Instan Merek Indomie. Jurnal EMBA, 984-992.

Ongsano, A. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen melakukan Pembelian Makanan Melalui Media Sosial. Jurnal Manajemen, 85-93.

Santoso, S. (2012). Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Santoso, Setiadi, Kisworo, & Nuswantara. (2012). Analysis Various Factors that Influence the Purchasing Behavior of Goat Milk in Bogor Regency, Indonesia. International Journal of Engineering & Technology IJET-IJENS, 124-131.

Setiadi, J. (2013). Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suawa, Tumbel, A., & Mandagie, Y. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadapa Keputusan Pembelian di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, 5195-5204.

Suharno, & Sutarso, Y. (2010). Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya dalam Pemasaran . Bogor: Ghalia Indonesia.

Supriyadi, S. G. (2018). Analysis of Factors That Influence The Interest of Buying Consumers At sis of Factors That Influence The Interest of Buying Consumers At. International Jounal of Economic, Business and Accounting Reserch (IJEBAR), 66-71.

Tompunu, M. (2014). Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap Konsumen Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian di KFC Bahu Mall Manado. Jurnal Emba, 610-621.

Wibisono, N. (2016). Samyang dan Rasa Pedas Menguasai Dunia. Dipetik Februari 1, 2021, dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20161015060604-262-165660/dalam-sehari-9210-bungkus-mi-samyang-terjual-di-indonesia




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.9788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dina Aprilia Nirmala, Saino Saino


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan