Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen air mineral aqua

Authors

  • Firanazulah Firanazulah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Vinny Dwi Rahim Safavi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Anggi Nadia Jeni Saputri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Sudrajat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v18i1.8917

Keywords:

Citra merek, kualitas produk, loyalitas konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Air Mineral Aqua di Desa Puseurjaya, Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden menggunakan metode Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan program komputer Microsoft Excel 2013 dan SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa citra merek secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen air mineral aqua sebesar 10,2%. Sedangkan kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas konsumen air mineral aqua sebesar 45,2%. Kemudian, adanya pengaruh simultan citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen air mineral aqua secara positif dan signifikan sebesar 55,4% sedangkan sisanya 44,6% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.

References

Damayanti, Cintya. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. 111, viii.

Elita, Dian. (2016). Pengaruh Kualitas produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ronggowaluyo [skripsi]. Karawang (ID): Universitas Singaperbangsa Karawang.

Garvin, David A. (2016). Alih Bahasa Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran. Yogyakarta.

Kotler, Philip & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip, dan Kevin L. Keller. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Penerbit Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2014). Principle of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen, C.V Andi Offset

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sujarmanto, Lukman Catur. (2015). Pengaruh Citra merek, Promosi, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. 16, 1..

http://www.topbrand-award.com.

Published

2021-03-28

Issue

Section

Articles