Profitabilitas dan corporate socialresponsibility (csr) terhadap nilai perusahaan

Anwar Anwar, Claudea J. E. Sumual, Muliati Muliati, Retno Oktavia Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan profitabilitas, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi sebanyak 48 perusahaan, sample ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 32 observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji tmenunjukkan profitabilitas menghasilkan nilai signifikansi 0.002, nilai signifikansi tersebut < 0.05 sehingga profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, namun pengujian pengaruh corporate social responsibility menghasilkan nilai signifikansi 0.796, nilai signifikansi tersebut > 0.05 sehingga corporate social responsibility berpengaruh negatif  dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian secara simultanmenunjukkan nilai uji F sebesar 6.381 yang berarti F > 0,05. Yang dapat disimpulkan bahwa variabel profitabilitas yang diproksikan dengan return on equity (ROE) dan corporate social responsibility (CSR) secara bersama-sama signifikan terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Nilai perusahaan; profitabilitas; corporate social responsibility

References


Andi Dedi Zulkarnain Putra, M. A. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014-2015. Hasanuddin Journal Of Business Strategy, Vol. 1 No. 1.

Ardini, C. M. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 5 nomor 7.

Aryani, L. D. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Manajeme. Universitas Negeri Semarang.

Dea Putri Ayu, A. A. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. Manajemen, 6 (2), 1112-1138.

Dede Hertina, M. B. (2019). Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ecodemica, Vol. 3 NO. 1.

Dwi Citra Hardianti, A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi & Ekonomi FE. UN PGRI Kediri, Volume 5 No.1.

Erni Trisnawati Sule, K. S. (2005). Pengantar Manajemen Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariatte dengan Program IMB SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Kheisy Kharenia Benne, P. M. (2020). The Effect Of Corporate Social Responsibility Information Disclosure On Firm Value with Profitability As An Moderating Variable In Mining Sector Companies Listed At BEI. Klabat Accounting Review, Vol. 1 No. 1.

Madura, J. (2007). Pengantar Bisnis, Edisi 4 Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Marliyani, L. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Studi Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Program Studi Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi makassar Bongaya.

Maswain, M. J. (2020). Pengaruh Pengungkapan Laporan Keberlanjutan, Tata Kelola Perusahaan yang Baik, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi Manajemen. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Nugraha Farelio Siregar, N. F. (2020). Pengaruh Corporate Governance Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (studi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 79 No. 1.

Rentika Dewi, S. A. (2019). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan Di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 8 No. 3.

Rika Nurlela, I. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Presentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating. Simposiung Nasional Akuntasi (SNA) ke XI.

Rizky Adhitya, S. N. (2016). Pengaruh Pengungkapan CSR Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (studi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 31 No. 1.

Robby Herianto, A. J. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Diponegoro Journal Of Accounting, Vol. 6 No. 4, 1-8.

Tatik Zulaika, G. S. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (studi empiris pada indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi dan Governance 2 (2), 135-165.

Wiratna, S. V. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Press.

Yudha Atmoko, F. D. (2017). Pengaruh Return on Assets, Debt to Equity Ratio, dan Firm Size Terhadap Divident Payout Ratio. Kinerja, Volume 14 (2), 103-309.

Zahra Ramdhonah, I. S. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 7 (1), 67-82.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i1.8609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AKUNTABEL

Indexing:

 

 

 


AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangani. pISSN: 0216-7743  eISSN online: 2528-1135 is licensed under  a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats