Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor
DOI:
https://doi.org/10.30872/jakt.v20i3.13817Keywords:
Kualitas produk, harga, promosi, pembelianAbstract
Adapun tujuan penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada PT. Mandala Motor Kabupaten Mamuju, 2. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada PT. Mandala Motor Kabupaten Mamuju. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dan data kualitatif sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder dengan sampel sebanyak 96 orang. Teknik Pengumpulan melalui Data Observasi, Dokumentasi, Wawancara dan Kuesioner. Teknik Pengelolaan dan analisis data dengan Uji Validitas, Uji Reabilitas, dan Uji Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada PT. Mandala Motor Kabupaten Mamuju. 2. Harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada PT. Mandala Motor Kabupaten Mamuju. 3. Promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada PT. Mandala Motor Kabupaten Mamuju. 4. Kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada PT. Mandala Motor Kabupaten Mamuju.
References
Alma, B. (2021). Manajemen Pemasaran & Pemasaran jasa. Edisi Revisi Alfabeta Bandung.
Assauri, S. (2017) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Perss.
Dita Amanah. (2022). Pengaruh Promosi Dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent Di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 3(3), 221-233.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Kotler. P dan Amstrong. G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasran Jilid 1, Edisi 12. Erlangga, PT. Gelora Aksara Pratama.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Majid, dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Lamongan). Journal of Economics, Management, and Business Research (JEMBER), 2(1), 214-226.
Makanoneng., R, Mananeke., L dan Loindong., S., S., R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Pada Konsumen PT. Hasjrat Abadi (Studi Pada Pengguna Yamaha Mio Di Kecamatan Tuminting). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 350-361.
Mendrofa. M. S. D. (2022). Pengaruh Strategi Harga Terhadap Minat Konsumen Pada Pasar Ya’ahowu Gunungsitoli. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 245-249.
Muchtar, dkk. (2021). Buku Ajar Manajemen Pemasaran, Jilid I, CV. Pena Persada.
Nilly. Y. K, Tawas. H. N, dan Kawet. C. R. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga, Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Minimal Ladis Di Matahari Megamall Manado. jurnal Ekonomi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2), 501-520.
Nurhalim, A. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Tangerang. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 51-59.
Pamungkas, A, F, dan Husnayetti. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen Melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi (Studi Kasus Starbucks Palem Semi Karawaci). Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(1), 11-20.
Priyambodo, G., Prabowo, A., & Farida, I. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Blackberry. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Online http://eprints. dinus. ac. id. diakses 18 Februari 2015.
Ritonga, H, M., Fikri, M. E, F., Siregar, N., Agustin, R. R., Hidayat, R. (2018) Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Medan.
Siregar., P., N., U., S, Sinaga., J dan Sinaga., D., S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT. Alfa Scorpii Bilal Medan. Jurnal Darma Agung, 30(1), 107-117.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharyanto, R. Lisye Herlina, dan Adi Mulyana. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Waring Dengan Metode Seven Tools Di Cv. Kas Sumedang. Jurnal TDEC, 16(2), 37-49.
Sukawati. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Internet Di Kota Makassar.
Sunyoto. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus).Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.
Tanugraha., A dan Widagdo., H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Z Di Palembang. Jurnal Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen. 4(1), 57-68.
Tjiptono, F., & Anastasia., D. (2020) Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, F. (2014) Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Wariki. G. M, Mananeke. L, dan Tawas. H. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073-1085.
Warnadi, & Triyono, A. (2019) Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Downloads
Published
Issue
Section
License
AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
pISSN: 0216-7743 eISSN: 2528-1135
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License