Keputusan pembelian perumahan syariah era covid-19: apakah harga menjadi faktor utama?

Siti Nurohmah, Heni Noviarita, Evi Ekawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan harga apakah menjadi faktor utama dalam pengambilan keputusan perumahan berbasis syariah atau tidak. Penelitian mengadopsi kuantitatif dengan pendekatan assosiatif.  Penelitian dilakukan di Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung pada era COVID-19. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari konsumen perumahan syariah. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 500 responden. Penelitian menggunakan kuisioner dengan melalui google form serta pengukuran indikator yang digunakan merupakan Skala Likert. Software statistik yang digunakan berupa SmartPLS Versi 3.0. Hasil penelitian memberikan fakta harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan syariah di Kota Bandar Lampung era COVID-19. Hal ini dikarenakan perumahan syariah yang di pilih oleh konsumen merupakah rumah dengan harga yang masih dapat dijangkau sesuai dengan pendapatan konsumen sehingga konsumen yang sudah berencana membeli perumahan syariah sebelum pandemi COVID-19 tetap memutuskan untuk membeli rumah meskipun sedang menghadapi pandemi COVID-19.


Keywords


Harga; keputusan pembelian; perumahan syariah; covid-19

References


Al Qorni, G. F. W., & Juliana, J. (2020). Sharia Property Purchase Decision Without Bank: Analysis of the Influence of Price Factors, Environment and Religiosity. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 234–245. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p234-245

Andre Maulana Rozikin, Agus Widarko, M. K. A. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Studi Kasus Pada Pembeli Perumahan Havaland Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 10(10).

Andriano Dwi Mardani, Ahmad Yani, S. N. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Subsidi Kota Pangkal Pinang. JEM: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(1).

Asep Bagja Nugraha, R. A. R. (2022). Problem Analysis On Sharia Property Business And Its Proposed Solution. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(1).

Aulya Nur Rahmita Dewi, S. A. S. (2020). Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Syariah Non Bank Di Tahfidz Residence. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3).

Azahraty, A. K. (2020). Pengaruh Kualitas Dan Harga Perumahan Kota Citra Graha Terhadap Minat Beli Masyarakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 6(2).

Azizah, L. (2022). The Practice Of Fair Transactions On Property Business : A Case On Islamic Property Company. Airlangga Journal of Innovation Management, 3(1).

Ciamas, W. S., Ciamas, E. S., Lisa, L., & ... (2021). Harga sebagai Komponen Marketing Mix Terhadap Penjualan di PT Bale Dipa Aruna (Perumahan Medan Resort City), Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI) SENSASI 2021, 496–500.

Faisal Akly, Arief Budiman, N. H. (2020). Pendekatan Faktor Makro dan Faktor Mikro Yang Dipertimbangkan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Studi Pada Industri Perumahan di Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 8(3).

Farhat, L., & Marnas, M. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Properti (Studi Kasus pada Perumahan Citra Raya City Jambi). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 364. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.524

Fauzi, A. A., & Rahadi, R. A. (2021). Toward a Business Resilience Model: The Case of Sharia Property in Surabaya Raya Area during COVID-19 Pandemic. European Journal of Business and Management Research, 6(4), 252–261. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.4.986

Firman, A., Pembelian, K., & Kunci, K. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 1549–1562.

Firza Oktavia Nurul Kumala, M. K. A. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan PT Hasanah Mulia Investama. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2).

Fuji Safitri, Erry Sunarya, R. D. M. D. (2019). Peran Consumer Awareness Dan Perception terhadap Buying Interest Pada Properti Syariah. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1).

Hassan, M. M., Ahmad, N., & Hashim, A. H. (2021). The Conceptual Framework of Housing Purchase Decision-Making Process. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(11). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i11/11653

Hendriyadi, S. (2019). Structural Equation Modeling : CB-SEM dan PLS-SEM Aplikasi Lisrel dan Smart PLS. Yogyakarta : Magistra Insania Press.

Heruwanto, J., Kusumanadya, R., . R., & Kurniawan, E. N. (2020). Analisis Lokasi, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Perumahan Cinere Parkview. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(2), 169. https://doi.org/10.33370/jmk.v17i2.453

John, S. S., Balapure, C., & Godwin, B. J. (2020). Young adults’ socialization in housing and real estate purchase decisions in India. International Journal of Housing Markets and Analysis, 14(4), 701–719. https://doi.org/10.1108/IJHMA-04-2020-0042

Mohammad Sahid Indraswara, Gagoek Hardiman, Siti Rukayah, F. S. H. (2022). Mencari Penerapan Nilai-Nilai Islam Pada Fasilitas Perumahan Syariah Di Kota Semarang. E-Jurnal Universitas Diponegoro, 22(1).

Mohammed, J. K., Aliyu, A. A., Dzukogi, U. A., & Olawale, A. A. (2021). Impact of COVID-19 on Housing Market: A Review of Emerging Literature. International Journal of Real Estate Studies, 15(2), 66–74. https://doi.org/10.11113/intrest.v15n2.128

Nurmawati. (2021). Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian. Malang : Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Purwanto, E. (2019). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Putra, E. K. H., Jariah, A., & Fauziah, A. (2019). Analisis Dimensi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Rangga Regency Di Lumajang. Prosiding Progress Conference, 2(July), 481–492.

Rahadi, R. A., Wiryono, S. K., Nainggolan, Y. A., Afgani, K. F., Yaman, R., Azmi, A. S. M., … Moulyni, A. (2022). Determining the factors influencing residential property price: A comparative study between Indonesia and Malaysia. Decision Science Letters, 11(4), 485–496. https://doi.org/10.5267/j.dsl.2022.6.002

Rahmad Solling Hamid, S. M. A. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian Konsep Dasar dan Aplikasi Program Smart PLS 3.2.8. dalam Riset Bisnis. Inkubator Penulis Indonesia.

Rahmawati, D., Rahadi, R. A., Putri, A. D., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Bandung, E. (2021). The Current State of Property Development in Indonesia During the Covid-19 Pandemic. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 15(7), 2021.

Saragih, MM., B. (2020). Pengaruh Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Perumahan the Anggana Pt Adhi Persada Property Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(2), 21–31. https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.420

Sarjana, B., Meitriana, M. A., & Suwendra, I. W. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Harga Perumahan Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 356. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20041

Subagya, Y. H. (2021). The Effect of Price Variables, Location Variables, and Promotion Variables on Consumer Decisions to Purchase Housing. International Journal of Seocology (Science, Education, Economics, Psychology and Technology), 02(02), 65–70.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung : Alfabeta.

United Nations. (2020). The Impact of COVID-19 on South-East Asia. Policy Briefs, 1–29.

Utama, Y. Y. (2021). Analisis Akuntansi Sustainabilitas Pada Bisnis Berkelanjutan Perumahan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 560–570. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2511

Zhang, X., & Dong, F. (2020). Why do consumers make green purchase decisions? Insights from a systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(18), 1–25. https://doi.org/10.3390/ijerph17186607




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i1.12870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Nurohmah, Heni Noviarita, Evi Ekawati


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan