Analisis pengaruh electronic word of mouth (e-wom) dan celebrity endorser terhadap purchase decision melalui brand image sebagai variabel intervening

Ambar Lukitaningsih, Lusia Tria Hatmanti Hutami, Mahastuti Nur Indahsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah mengenai pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) dan celebrity endorser terhadap purchase decision melalui brand image sebagai variabel intervening (studi pada konsumen Emina Cosmetics). Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen Emina Cosmetics. Penelitian ini menggunakan jenis kuisioner yang menggunakan Google Form sebagai alat penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan metode purpusive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Data yang diperoleh dari kuisioner kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan ketetapan model (uji asumsi klasik), pengujian hipotesis memggunakan uji parsial (t), uji F, uji determinasi (R2), dan uji sobel menggunakan progam SPSS 25. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa brand image dapat memediasi electronic word of mouth (E-WOM), brand image dapat memediasi celebrity endorser, electronic word of mouth (E-WOM) berpengaruh positif signifikan terhadap purchase decision, celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap purchase decision, dan brand image berpengaruh positif signifikan terhadap purchase decision.


Keywords


Electronic word of mouth (e-WOM); celebrity endorser; brand image; purchase decisions

References


Arief, N. R. (2020). Pengaruh Quality of Work Life Dan Work Engagement.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universita Diponogoro.

Ghozalli, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universritas Diponegoro.

Napitupulu, L. A. B. (2017). Pengaruh Komitmen Organisasional, Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Pekanbaru. 4, 338–352.

Purwanto, E. A., & Sulistyasturi, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.

Rumasukun, M. R., Akbar, M. A., Kolinug, M. V, & ... (2022). Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek: Study Pada Samsung Experience Store Jayapura. Jurnal …, 6, 81–88. http://journal.lldikti9.id/Ekonomika/article/view/667%0Ahttps://journal.lldikti9.id/Ekonomika/article/download/667/524

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i4.12244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ambar Lukitaningsih, Lusia Tria Hatmanti Hutami, Mahastuti Nur Indahsari


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan