Analisis sistem pengendalian intern penggajian dan pengupahan pada sekolah menengah atas swasta agape

Ekani Kristian Kidi, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian intern penggajian dan pengupahan karyawan pada Sekolah Menengah Atas Swasta Agape Tanjung Selor apakah sudah sesuai dengan standar pengendalian intern penggajian dan pengupahan karyawan. Jenis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif yang mengambarkan keadaan sebenarnya saat penelitian. Hasil penelitian sistem pengendalian intern penggajian dan pengupahan pada Sekolah Menengah Atas Swasta Agape Tanjung Selor sudah cukup berjalan dengan baik sesuai dengan pengendalian intern yang telah ditetapkan. Tetapi untuk unsur organisasi tidak berjalan dengan baik karena tidak adanya pemisahan fungsi dan tanggungjawab yang jelas dalam prosedur pembayaran gaji dan upah karyawan. 


Keywords


Sistem pengendalian intern; gaji; upah

References


Brenda, L., E, S. D. P., & Y.T, G. N. (2019). ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM UPAYA PENGENDALIAN INTERNAL PADA PT. GEMILANG EMAS INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 14(1), 148–153.

Fibriyanti, Y. V. (2017). ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DALAM RANGKA EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT. Populer Sarana Medika, Surabaya). Jurnal Akuntansi, 2(1), 14. https://doi.org/10.30736/jpensi.v2i1.97

Jusup Al. Haryono. (2014). Dasar-dasar Akuntansi (7th ed.). Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPKN.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi (4th ed.). Salemba Empat.

Sujarweni, V. W. (2015). Sistem Akuntansi (1st ed.). Pustaka Baru Press.

Tyagita, A. A. (2017). EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL SISTEM PENGGAJIAN (Studi Kasus di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta) (Vol. 6). Sanata Dharma.

UU RI. (2005). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005.

Yayang, I. A., & Muanas. (2013). ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENGGAJIAN. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yogy, H. S., Elia, S. D. P., & Harijanto, S. (2015). Analisis Sistem Pengendalian Intern Penggajian Karyawan Pada Pt . BPR Prisma Dana. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(05), 119–131.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i1.11014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ekani Kristian Kidi, Irwansyah Irwansyah


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan