Pengaruh budaya jepang, budaya konsumsi, dan produk jepang terhadap perilaku konsumen

Anggi Puspita, Anisa Nur Fauziah, Annisa Destinda Supandi, Aris Budi Setyawan

Abstract


Budaya Jepang di Indonesia sudah tersebar luas di kalangan remaja, globalisasi dan kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor dalam penyebaran budaya Jepang, oleh karena itu aspek-aspek tersebut menjadikan perilaku konsumen unik dan penting untuk diketahui masyarakat bagaimana pengaruh dari budaya Jepang itu sendiri pada peningkatan budaya konsumsi konsumen, budaya Cosplay atau Costum Player adalah salah satu contoh studi yang unik dalam budaya Jepang itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menentukan pengaruh pemasaran dan lingkungan sosial budaya pada perilaku konsumsi produk asing yang mendukung pada budaya Jepang Cosplay di kalangan remaja. Metode penelitian menggunakan metode SPSS (Statistical Package For The Social Sciences) yaitu sebuah program aplikasi yang digunakan untuk analisis statistik dengan menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak dialog sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Budaya Jepang tidak berpengaruh terhadap Perilaku Konsumen, Budaya Konsumsi berpengaruh terhadap Perilaku Konsumen, Produk Jepang tidak berpengaruh terhadap Perilaku Konsumen, Sikap Pengguna Internet tidak berpengaruh terhadap Perilaku Konsumen. Secara simultan menunjukkan bahwa Budaya Jepang, Budaya Konsumsi, Produk Jepang, dan Sikap Pengguna Internet mempunyai pengaruh terhadap Perilaku Konsumen.


Keywords


Budaya jepang; costum player; perilaku konsumsi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v2i0.5784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.