Pengaruh mekanisme corporate governance terhadap kinerja keuangan perbankan

Eni Kusmawati, Isna Yuningsih, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Mekanisme Tata Kelola Perusahaan (dewan komisaris, komisaris independen, dewan direktur dan komite audit, kepemilikan manajerial dan institusional) terhadap Kinerja Perbankan tentang pengembalian aset. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh oleh 19 perusahaan. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komisaris independen dan dewan direksi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan dewan komisaris, komite audit, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional memiliki tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Hasil dari penelitian ini adalah nilai R square sebesar 45,3% yang dapat dijelaskan oleh variabel mekanisme corporate governance dan struktur kepemilikan, sedangkan 54,7% dijelaskan oleh faktor di luar model penelitian.


Full Text:

PDF

References


Addiyah, Alina. 2014. Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro

Bank Indonesia. 2013. BI Memberikan Sanksi Empat Bank. http://www.hukumonline.com di akses tanggal 5 Mei 2017.

Chapra, Umer dan Habib Ahmed. 2008. Corporate Governance Lembaga Keuangan Syariah. Cetakan Pertama. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Diandono, Hudan. 2012. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan JII. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ghozali, Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 8.Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hutapea, Amanda Julita. 2013. Analisis Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011). Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Indarti, MG. Kentris dan Lusi Extaliyus. 2013. Pengaruh Corporate Governance Preception Index (CGPI), Struktur Kepemilikan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Semarang: Universitas Stikubank Semarang.

Lukviarman, Niki. 2016. Corporate Governance.Cetakan Pertama. PT Era Adicitra Intermedia. Solo

Mulyadi, Roza. 2016. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi. Universitas Ageng Tritayasa.

Naja, H.R. Daeng. 2008. Good Corporate Governance. Cetakan Pertama. Media Pressindo. Yogyakarta.

Noviawan, Ridho Alief dan Aditya Septiani. 2013. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Keuangan. Journal Of Accounting. Semarang: Universitas Diponegoro.

Peraturan Otorisasi Jasa Keuangan, 2016. Peraturan OJK No. 55/POJK.03/2016 Tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Umum.

Samani. 2008. Pengaruh Good Corporate governance dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2004-2007. Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Santoso, Ahmad Minan. 2015. Pengaruh GCG, CAR, Dan NIM Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Cetakan Kedelapan. Ekonisia. Yogyakarta.

www.idx.com diakses tanggal 27 April 2017

Zarkasyi, Wahyudin. 2008. Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Manufaktur, Perbankan, dan Jasa Keuangan Lainnya. Cetakan Pertama. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v2i0.5365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.