Pengaruh inovasi produk kretifitas iklan dan brand trust terhadap keputusan pembelian

Linda Yanti Agustina, Gusti Noorlitaria Achmad, Mohammad Wasil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Inovasi Produk, Kretifitas Iklan dan Brand Trust berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampoo Sariayu Hijab Kalangan Remaja di Kota Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Inovasi Produk, Kretifitas Iklan dan Brand Trust sementara variabel terikat adalah Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang telah menggunakan produk Shampoo Sariayu Hijab Kalangan Remaja di Kota Samarinda yang terdiri dari 100 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kesioner. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan dan Brand Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.


Keywords


Inovasi produk; kreatifitas iklan; brand trust; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Achmad Yanu Alif Fianto, Djumilah Hadiwidjojo, Siti Aisjah dan Solimun. 2014. The Influence of Brand Image on Purchase Behaviour Through Brand Trust. Journal of Bussiness Management and Strategy, Vol.5 No.2. Macrothink Institute.

Aklis Faizan. 2014. Pengaruh Kreativitas Iklan dan Endorser Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Mie Sedap. Semarang.

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. CV Alfabeta; Bandung.

Andayani, Triastty, dan Widajanti. 2016. Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler AS dengan Celebrity Endorser sebagai Variabel Moderasi. Surakarta.

Arjun Chaudhuri, Morris B.Holbrook. 2001. The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Effect to Brand Performance: The Role of Brand loyality To Purchasing Decisions. Journal of Marketing.

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada;Jakarta.

Bayu Kurnia. 2013. Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen dalam Membangun pada Pengguna Sepeda Motor. Skripsi, Universitas Indonesia.

Belaind, Samy and Azza Temessek Behi. 2011. The role of attachment in bulding customer-brand relationships : an empirical ninvestigation in the utilitarian consumption context. Journal of Product and Brand Management, Vol20 No.1 pp.37-47. Emerald Group Publishing 1061-0421.

Catherine L, Wang, dan Mohhammed Rafiq. 2012. Ambidextrous Organization Culture, Contextual Ambidexterity and Nex Product Innovation: Acomparative Study of Uk and Chinese High-tech Frims.

Chaudhuri, A dan Holbrook, M.B. 2001. The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing. Vol. 65 No.2 pp.81-93.

Delgado, Ballaster. 2004. Development Validation of Brand Trust Scale. International Journal of Market Research.

_________2005. Does Brand Trust Matter to Brand Equity. Journal of Product and Brand Management. Vol.14 No. 3pp 187-196.

Dharmmesta, Basu Swastha, Handoko, T.Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Dian Novita Dewi . 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inovasi Produk Perusahaan Roti di Kota Semarang. Semarang.

Endah Andayani . 2016. Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler As Dengan Celebrity Endorser Sebagai Variabel Moderasi .(Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Surakarta.

Engel, James F, Blackwell, Roger D and Miniard, Paul W, 1994, Perilaku Konsumen jilid I, Binapura Aksara; Jakarta.

Ericho Prasetya Adi. 2016. Pengaruh Kreativitas Iklan unsur humor dan kualitas pesan iklan terhadap efektivitas iklan televise aqua versi ada aqua. Yogyakarta.

Erna Ferrinadewi. 2008. Pengaruh Threat Emotion Konsumen dan Brand Trust pada Keputusan Pembelian produk Susu Anlane di Surabaya. Surabaya.

Eva Nurhayati. 2016. Pengaruh Kreativitas Iklan dan Kreadibilitas Endorser Terhadap Efektivitas Iklan (Studi Kasus Pada Iklan Olay Natural White di Kota Semarang). Semarang.

Fontana, Avanti. 2011. Innovate We Can!. Bekasi : Cipta Inovasi Sejahtera. Jakarta

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7, Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hair et al. 2010. Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. Person Prentice Hall.

Handayani. 2015. Analisis Faktor Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret. (Studi Kasus dikota Semarang). Semarang.

Howard, J.A. and Sheth J.N.1968. The Theory of Buyer Behaviour. (Edisi cetak ulang) Jhon Wileyand Sons; New York.

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti. Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi 1 Edisi Milenium. Prehallindo; Jakarta.

___________ . 2006. Manajemen Pemasaran. Jilid I dan II Edisi ke 11. PT Indeks, Gramedia. Jakarta.

______ Amstrong.2007. Marketing: An Introduction 8th edition. New Jersey. Pearson Prentice Hall.

___________________. 2009.Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga.Jakarta.

___________________. 2014. Principle of Marketing . Edisi 14. Ebook; Pearson.

___________ Keller. 2016. Principle of Marketing. Edisi 15. Ebook; Pearson.

Leow Chee Seng and Ng Sook Ping. 2016. The Influence Of Product Innovation Toward Consumer Purchase Intention. International Journal of Economics, Commerce and Management United Kingdom. Volume IV, Issue 4.

Lukas, Bryan, A and Ferrel.O.C. 2000. The Effect of Market Orientation On Product Innovation, Jurnal of the Academy of Marketing Science. Volume.28.Spring.

Poulan, J.G. 2006. Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Inovasi yang akan datang terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. (Studi kasus pada Konsumen Telepon Selular Nokia Universitas Indonesia).Universitas Indonesia.

Rahmilla Chairani Puspita dan Sri Suryoko. 2017. Pengaruh Iklan, Harga dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon. (Studi pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro). Diponegoro.

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Uatama; Jakarta.

Retno Dewanti, Ishak Ismail, Muhammad Jalu Tasrihanto, Aditya Prabowo. 2014. Analisis Of Influence Brand Trust And Brand Image Towards Purchase Decision The Private Label Product And Their Impact On Brand Loyality. Surabaya.

Rinda Romdonah. 2015. Pengaruh Inovasi Produk, Harag dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. (Studi Kasus Pada Konsumen Dealer Honda Pertaama Kurnia Kasih. Semarang.

Rizal dan A.Furinto. 2009. Marketing Reloaded: Komplikasi Konsep dan Praktik Pemasaran. Salemba Empat; Jakarta.

Schiffman and Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen (edisi 7). Alex Media Komputindo; Jakarta.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga; Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran: Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Gramedia Pustaka Utama; Jakarta.

Simamora, Henry. 2002. Manajemen Pemasaran Internasional. Cetakan Pertama, Salemba Empat. Jakarta.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Edisi Pertama Kencana. Jakarta.

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta; Bandung.

Supramono. Haryanto, Jony Oktavian. 2005. Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi, Yogyakarta

Suryani Murad dan Ahmad Rafsanjani. 2016. Pengaruh Kreativitas terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartfreen dikota Banda Aceh. (Studi pada konsumen pelanggan smartfreen dikota Banda Aceh). Aceh

Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andi: Yogyakarta.

Tirtiroglu, E dan Elbeck M. 2008. Qualifying Purchase Intentions Using Queueing Theory. Journal of Applied Quantitative Methods Vol.3 No.8 Summer 2008.

Xiaojing Yang, Robert Smith. 2009. Beyond attention effect: Modeling the persuasive and emotional effect of advertising creativity on Purchasing Decisions. Jacob Goldenberg Articles in Advance.

Yulianita Wiwid Susanto. 2017. Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian ditoko Roti dan Kue Ferissa Bandung. Yogyakarta.

Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. 2015. Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelammmin di Kota Samarinda tahun 2015. http://www.samarindakota.bps.go.id/, diakses pada bulan November 2017.

Fisamawati. 2015. Marketing.co.id. http://www.marketing.co.id/demand-hijab-care-naik-400-perang-iklan-tv/, diakses pada bulan Oktober 2017.

Martha Tilaar Group. 2012. Sariayu Martha Tilaar. http://www.sariayu.com/ id /seach

?key=shampoo+hijab, diakses pada bulan November 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v2i0.5111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.