Pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan di perusahaan asuransi yang terdapat di bei

Hafizah Khawas, Felisitas Defung, Maryam Nadir

Abstract


Intellectual capital dapat menjadi faktor penting yang mampu membantu perusahaan dalam memperoleh keunggulan bersaing yaitu dengan memberikan nilai tambah melalui penciptaan inovasi baru. Dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi maka akan dapat diperoleh bagaimana cara menggunakan sumber daya lainnya secara efisien dan ekonomis yang nantinya akan memberikan keunggulan bersaing. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari Intellectual Capital (IC) terhadap kinerja keuangan perusahaan asuransi yang terdaftar di BEI. Metode pengukuran IC yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Value Added Intellectual Capital (VAIC) yang dikembangkan oleh Pulic (1998). Penelitian ini menguji hubungan antara VAIC beserta komponen utamanya yaitu Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU) dan Structural Capital Value Added (STVA) dengan Return on Asset (ROA) sebagai rasio yang mengukur kinerja keuangan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: VACA memilki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan. VAHU memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan pada kinerja keuangan. STVA berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan. Kemudian variabel VACA, VAHU dan STVA secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ROA sebagai rasio yang mengukur kinerja keuangan pada perusahaan asuransi yang terdaftar di BEI.


Keywords


Intellectual capital; value added intellectual capital; value added capital employed

Full Text:

PDF

References


Afandi, Cicanthika Dyah Fitria dan Ikhsan Budi. 2017. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Arifa, Putri Alif dan Nurmala Ahmar. 2016. The Effect of Intellectual Capital on The Financial Performance of Insurance Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange (ISE). STIE Persbanas Surabaya.

Bodie, Zvi, Alex Kane dan Alan J. Marcus. 2009. Investment. Jakarta: Salemba Empat.

Bontis et al. 2000. Intellectual Capital and Business Performance in Malaysian Industries. Journal of Intellectual Capital, 1(1): 85-100.

Bontis, Nick. 2004. National Intellectual Capital Index: A united nations initiative for the Arab regions. Journal of Intellectual Capital . Bradford 5(1), pp. 13-39.

Chen, M.C, Cheng S.J, dan Hwang Y. 2005. An Empirical Investigation of The Relationship Between Intellectual Capital and Firm’s Value and Financial Performance, dalam Journal of Intellectual Capital. Vol.6, No.2. hlm 159-176.

Christensen, C. Roland, Norman A. Berg dan Malcom S. Salter. 1980. Policy Formulation and Administration. America: United States of America.

Devi et al. 2017. Pengaruh Intellectual terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Elektronik, Otomotif dan Komponen yang terdaftar di BEI periode 2011-2015). Vol. 4 No.1. Universitas Telkom.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Firer, S., dan S. M. Williams. 2003. Intellectual Capital and Traditional Measures of Corporate Performance. Journal of Intellectual Capital, Vol. 4, No. 3. hlm. 349-360.

https://www.cermati.com/artikel/perkembangan-perusahaan-asuransi-di-indonesia (Diakses tanggal 01 April 2018).

https://www.wartaekonomi.co.id/read155785/inilah-perusahan-asuransi-terbaik-tahun-2017.html (Diakses tanggal 01 April 2018).

Kuryanto, Benny dan Muchamad Syafruddin. 2010. Pengaruh Modal Intelektual terhadap Kinerja Perusahaan. Universitas Diponegoro Semarang.

Lestari, Henny Setyo. 2017. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Perusahaan Asuransi di Indonesia. Universitas Trisakti.

Lestari, Wahyuningrum Ayu dan Astrie Krisnawati. 2014. Analisis Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Industri Jasa (Non-Keuangan) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013. Universitas Telkom Bandung.

Maesaroh, Siti dan Yuliastuti. 2015. Pengaruh Modal Intelektual terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 4 No. 11. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Masriwilyana. 2017. Pengaruh Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI (Sektor Makanan dan Minuman Tahun 2011-2015). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Novi, S Budiarso. 2014. Modal Intelektual dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing “Goodwill” Vol. 5, No. 1.

Nurlatifah, Ai Fitri dan Sepky Mardian . 2016. Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia: Surplus on Contribution. Akuntabilitas:Jurnal Ilmu Akuntansi Volume 9 (1). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi SEBI.

Pongoh, Marsel. 2013. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Pt. Bumi Resources Tbk. Jurnal EMBA Vol.1 No.3. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Pramelasari, Yosi Metta. 2010. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Pasar dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Universitas Diponegoro Semarang.

Presti, Son Loka. 2009. Program Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Kumpulan (ASKUM) Yogyakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pulic, A. 1998. Measuring the Performance of Intellectual Potential in Knowledge Economy. Paper presented at the 2nd McMaster word Congress on Measuring and Managing Intellectual Capital by the Austrian Team for Intellectual Potential.

Pulic, A. 1999. Basic Information on VAIC™. www.vaic-on.net. (Diakses September 2017).

Rumondor, Risca Fransiska. 2013. Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Mandiri, Bri dan Bni yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA Vol.1 No.3. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sangkala. 2006. Intellectual Capital Management: Strategi Baru Membangun Daya Saing Perusahaan. Jakarta: YAPENSI.

Santoso, Clairene E.E. 2013. Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang Pengaruhnya terhadap Profitabilitas PT. Pegadaian (Persero). Jurnal EMBA Vol.1 No.4. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sawarjuwono, Tjiptohadi dan Agustine Prihatin Kadir. 2003. Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran dan Pelaporan (Sebuah Library Research). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 5, No. 1, 31-51.

Soetedjo, Soegeng dan Safrina Mursida. 2014. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Perbankan. Universitas Airlangga Surabaya.

Srimindarti, Ceacilia. 2006. Balance Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja. Semarang : STIE Stikubank.

Sucipto. 2003. Penilaian Kinerja Keuangan. Universitas Sumatera Utara.

Sunarsih, N. M. dan Mendra, N. P. Y. 2012. Pengaruh Modal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Simposium Nasional Akuntansi XV. Banjarmasin.

Tan, H.P., D. Plowman, P. Hancock, 2007. Intellectual Capital and Financial Returns of Companies. Journal of Intellectual Capital, Vol. 8 No. 1. pp. 76-95.

Ulum, Ihyaul dkk. 2008. Intellectual Capital dan Kinerja Keuangan Perusahaan; Suatu Analisis dengan Pendekatan Partial Least Squares. Universitas Muhammadiyah Malang.

Ulum, Ihyaul. 2009. Intellectual Capital: Konsep dan Kajian Empiris. Yogyakarta: Graha Ilmu.

www.idx.co.id (Diakses tanggal 14 September 2017, pukul 12.41).




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v2i0.5083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.