Analisis segmentasi, penentuan target, dan posisi pasar pada holland bakery samarinda

Irwan Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi, penentuan target, dan positioning Holland Bakery terhadap atribut produk dan harga diantara produk pesaing berdasarkan persepsi konsumen di Kota Samarinda. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah responden gerai/outlet Holland Bakery. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan Analisis Klaster dan Multidimensional Scalling. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan metode MDS untuk mengetahui keandalan dan kesahihan (Validity dan Realibility) dan untuk mengetahui hasil peta positioning produk dan harga roti Holland Bakery terhadap para pesaingnya (Bread Talk, Golden Bakery, dan Sweet Bakery) berdasarkan persepsi kosumen dalam memberikan penilaian. Berdasarkan hasil analisis klaster, segmentasi dari Holland Bakery, konsumen lebih banyak berjenis kelamin wanita, berusia diantara 17-25 tahun, berpendidikan SMA atau sederajat, memiliki pekerjaan pegawai swasta dan memiliki penghasilan diantara Rp.1.000.000-Rp.5.000.000./bulan, Targeting dari Holland Bakery adalah konsumen yang berasal dari kalangan menengah keatas. Berdasarkan Analisis Multidimensional Scalling terdapat perbedaan posisi Holland Bakery terhadap para pesaingnya berdasarkan persepsi konsumen dan menunjukkan bahwa pesaing terdekat atau pesaing langsung (direct competitor) dari Holland Bakery adalah Bread Talk dan Golden Bakery sedangkan Sweet Bakery tidak bersaing langsung karena memiliki perbedaan khususnya menyangkut atribut harga.


Keywords


Segmentasi; target pasar; posisi pasar

Full Text:

PDF

References


Dwianto WK, Bayu. 2011. Analisis Positioning Handphone Merek Nokia Berdasarkan Persepsi Konsumen Terhadap Atribut produk di Kota Jember. Skripsi. Jember : Universitas Jember.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga

_____, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, Jakarta : Erlangga.

Maududi, Achmad M. 2012. Analisis Positioning Teh dalam Kemasan Merek Ultra Teh Kotak pada Mahasiswa Strata 1 Institut Pertanian Bogor. Skripsi. Bogor : IPB

Rahayu. 2009. Analisis Positioning Produk Pasta Gigi Close Up Berdasarkan Persepsi Konsumen di Kabupaten Jombang. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik Vol. 5 No.3 : 250-268.

Simamora, Bilson. 2005. Riset Pemasaran : Falsafah, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Solviani. 2014. Analisis Positioning Produk Laptop Berdasarkan Persepsi Konsumen dengan Pendekatan Multi Dimensional Scalling (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman). Skripsi. Samarinda: Universitas Mulawarman

Suliyanto. 2005. Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Supandi, Agus, dkk. 2014. Analisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning Pembiayaan Mobil pada PT. Adira Dinamika Multifinance TBK cabang Manado. Jurnal EMBA Vol. 2 No. 3 : 853-863

Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Jakarta: Rieneka Cipta.

Tiara, Ardiani Eva Rinda dkk. 2013. Analisis Positioning berdasarkan atribut produk. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 5

Tjiptono, Fandy. 2008, Strategi Bisnis Pemasaran. Andi. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2012) , Pemasaran Strategik, Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Uma Sekaran, 2006, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.

Usman, Hardius. Nurdin Sobari, 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk Riset Pemasaran Edisi 1. Jakarta : Rajawali Pers.

Wijaya, Serli, dkk. 2006. Analisa Segmentasi, Penentuan target, dan Posisi Pasar pada Restoran Steak & Grill di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan Vol. 2 No. 2 : 76-85




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.