Membangun motivasi hedonic shopping dan store atmosphere terhadap impulse buying pada konsumen matahari departement store mall plaza mulia samarinda

Selvy Oktafiana, Herning Indriastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh belanja hedonis, suasana toko againts impuls beli pada konsumen Matahari Departemen Store Mall Plaza Mulia Samarinda. Jumlah sampel yang diambil adalah 120 responden. Metode pengumpulan data adalah nonprobability sampling. Uji validitas dan reliabilitas terdiri dari normalitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pada analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belanja hedonis, promosi, suasana toko berpengaruh signifikan terhadap konsumen pembelian impuls Matahari Departemen Store Mall Plaza Mulia Samarinda.


Keywords


belanja hedonis; suasana toko; pembelian impulsif

Full Text:

PDF

References


Arnold Eric., Price Linda., & Zinkhan George. (2005). Consumers. 2nd Edition. International Edition.

Angelina, Lizamary Darma dan Japariyanto Edwin (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Lifestyle Dan Positif Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 8, No.2.

Chusniasari. (2015). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 12, No.12.

Etta, Mamang Sangadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen :Pendekatan Praktis DisertaiHimpunan Jurnal Penelitian. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Hausman, A. (2000). A Multi-Method Investigation of Consumer Motivations In Impulse Buying Behavior. Journal of Consumer Marketing. Vol. 17, No.5, pp. 27-37.

Hawkins, D.I., Mothersbaugh, D.L., & Best, R.J., (2004). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (10th Ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Kotler, Philip., dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Ketiga belas. Alih bahasa Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip., & Armstrong, Gary. (2016). Principles of Marketing. 16thEdition. Global Edition.

Muruganantham, C., and S. R. Bhakat. (2013). A Review of Impulse Buying Behavior. India: International Journal of marketing Studies.

Mowen, J.C dan Michael Minor. (2001). Perilaku Konsumen. Edisi Kelima. Jilid 1. Alih Bahasa: Lina Salim. Jakarta: Erlangga.

Peter, J. Paul., & Olson, Jerry C. (2005). Consumer Behavior and Marketing Strategy. 7th Edition. Mc Graw-Hill International Edition.

Prasetijo, Ristiayanti dan Ihalauw, John JOI. (2005). Perilaku Konsumen. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Sari, Dewa Ayu Taman., & Suryani, Alit. (2010). Pengaruh Marchindising, Promosi, dan Atmosfer Toko Terhadap Impulse Buying.

Schiffman, Leon G dan Kanuk, LeslieLazar. (2008). Perilaku Konsumen,Edisi Ketujuh. Terjemahan olehZoelkifli Kasip. Indeks, Jakarta

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta, Bandung.

Solomon, Michael R. (2011). Consumer Behavior, Buying, Having, and Being. 9th Edition. Global Edition.

Tendai, M. and C. Crispen. (2009). In-Store Shopping Environment and Impulse Buying. South Africa: African Journal of Marketing Management.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV ANDI.

Utami, Christina Whidya. (2010). Manajemen Ritel. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Yistiani, N.N.M., Yasa, N.N.K., dan I. Suasana. (2012). Pengaruh Atmosfer Gerai dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian Impulsif. Denpasar: Jurnal Management, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.