Pengaruh return on asset, management ownership, earning per share dan size terhadap dividend payout ratio pada perusahaan automotive and allied product yang terdaftar di bursa efek indonesia

Indrayati Indrayati, Michael Hadjaat, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on asset, management ownership, earning per share dan size terhadap dividend payout ratio pada perusahaan-perusahaan automotive and allied product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian dari tahun 2012 hingga tahun 2015. Metode yang digunakan dalam penentuan sample adalah purposive sampling dengan batasan-batasan dan tujuan yang diharapkan dalam penelitian. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, maka jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa return on asset mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap dividend payout ratio. Hal ini disebabkan oleh perubahan laba perusahaan yang terjadi tidak begitu besar, sehingga laba yang diperoleh tidak mempengaruhi besar kecilnya rasio pembayaran dividen. Management ownership berpengaruh negatif dan signifikan terhadap dividend payout ratio. Hal ini menandakan bahwa perusahaan yang memiliki persentase kepemilikan manajerial yang besar akan membayar dividend payout ratio dalam jumlah kecil karena manajemen lebih mengutamakan capital gain. Size berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap dividend payout ratio. Hal ini menunjukkan bahwa besar kecilnya perusahaan tidak berpengaruh begitu besar terhadap besar kecilnya dividen yang akan dibagikan. Perusahaan yang besar dan memiliki akses ke pasar modal yang banyak pun belum tentu memberikan dividen yang besar kepada pemegang saham karena perusahaan tersebut lebih memilih menahan labanya untuk mengembangkan perusahaan.


Keywords


Return on asset; management ownership; earning per share; dividend payout ratio

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Sri Dwi Ari. 2010. Manajemen Keuangan Lanjutan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Dewi, Sisca Christianty. 2008. Pengaruh Kepemilikan Managerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 10, No. I.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Lisa Marlina dan Clara Danica, 2009, Analisis Pengaruh Cash Position, Debt to Equity Ratio dan Return On Asset Terhadap Dividend Payout Ratio, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.2, No.1, Hal.1-6

Murdaningkung, Bagus Tri. 2014. Pengaruh Net Profit Margin, Earning Per Share, Return On Asset dan Return On Equity Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012

Nuringsih, Kartika. 2005. Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang, ROA dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal akutansi dan Keuangan Indonesia. Vol. 2, No.2, pp. 103-123, Juli-Desember.

Prasetyorini, Bhekti Fitri. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen. 1(1), Hal. 183-196.

Pribadi dan Sampurno. 2012. Analisis Pengaruh Cash Position, Firm Size, Growth Opportunity, Ownership Dan Return On Asset Terhadap Dividend Payout Ratio. Diponegoro Journal of Management Volume 1, Nomor (1), Tahun 2012.

Prihantoro. 2003. Estimasi Pengaruh Dividen Payout Ratio pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis No.1 Jilid 8.p.7-14

Syahbana. 2007, Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Kebijakan Dividen, Tesis Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.