Analisis perbedaan persepsi konsumen angkutan umum dan konsumen gojek terhadap kualitas pelayanan, experiential marketing, dan kepuasan pelanggan

Rafshanjani Rafshanjani, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis perbedaan persepsi antara pengguna angkutan umum dan pengguna gojek. Penelitian ini mengambil sampel di beberapa kota di Indonesia yang pernah menggunakan jasa angkutan umum dan jasa gojek minimal 2 kali dalam satu bulan terakhir. 80 responden dipilih guna memenuhi sumber data yang dilakukan dengan metode probability random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert untuk mengukur 10 indikator. Analisa data mengggunakan T-test. Penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi yang dirasakan oleh konsumen angkutan umum dan konsumen gojek pada kualitas pelayanan, pengalaman pemasaran, dan kepuasan pelanggan. Meningkatkan nilai dari kualitas pelayanan mungkin akan sangat berguna dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Di era moderen seperti saat ini, inovasi menunjukkan siapapun yang dapat memberikan konsumen kemudahan untuk menyelesaikan pekerjaannya dapat berhasil.


Keywords


Kualitas pelayanan; experiential marketing; kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Dwiastuti, Rini, Agustina Shinta, dan Riyanti Isaskar. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. UB Press. Malang

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Cetakan ke empat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Erlengga. Jakarta

Schiffman, L. and L. L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi ke tujuh. Indeks. Jakarta

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung

Sunyoto, Danang. 2015a. Strategi Pemasaran. CAPS. Yogyakarta

______________, 2015b. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. CAPS. Yogyakarta

Tetanoe dan Dharmayanti. 2014. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di Breadtalk Surabaya Town Square., Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 2(1) : 1-12

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. CV. Andi Offset. Yogyakarta

Widjiono dan Japarianto. 2015. Analisa Pengaruh Self Image Congruity, Retail Services Quality, dan Costumer Perceived Service Quality Terhadap Repurchase Intention Dengan Costumer Satisfaction Sebagai Variabel intervening di Broadway Barbershop Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 9(1) : 35-42

Wisadirana, Darsono. 2005. Metode Penelitian Pedoman Skripsi Untuk Ilmu Sosial. UMM Press. Malang




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.