Peran sikap mental kepemimpinan strategis menuju kinerja organisasi

Zainal Ilmi

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk membahas peran sikap mental kepemimpinan strategis terhadap kinerja organisasi, terutama dalam bisnis. Sikap mental atau ketulusan perilaku kepemimpinan dalam perspektif bawahan dapat menentukan sikap mental bawahan. Perilaku kepemimpinan tidak lepas dari saling percaya antara pemimpin dan bawahan. Sikap mental yang terkendali dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas manajemen dan kinerja organisasi.


Keywords


Mental attitude; strategic leadership; leadership behavior; organizational performance

Full Text:

PDF

References


Adams, Bob. 2006. The Everything Leadership (Memahami Segalanya Tentang Kepemimpinan): Dua Puluh Konsep Inti yang Harus Diketahui Oleh Setiap Pemimpin. Dialihbahasakan Oleh Drs. Alexander Sindoro. Karisma Publishing Group. Jakarta.

Al – Huzaim, Yusuf bin ‘Uthman. 2011. The Principles of Leadership : In The Light of Islamic Heritage and The American Experience. Dialihbahasakan Oleh Safina Yasmin Naser. Darussalam. Riyadh.

Culture, Leadership, and Organizations. 2004: The Globe Study of 62 Societies. Sage Publications. California, United States of America.

Hadju, Veni. 2011. Memimpin Dengan Hati Sebuah Catatan Pembelajaran. Brillian Internasional. Surabaya.

Hartanto, Frans Mardi. 2009. Paradigma Baru Manajemen Indonesia : Menciptakan Nilai dengan Bertumpu pada Kebajikan dan Potensi Insani. Mizan. Bandung.

Kamaluddin, Laode. 2008. Rahasia Bisnis Rasulullah : 12 Rahasia Besar Kepemimpinan Rasulullah dalam Membangun Megabisnis yang Selalu Untung Sepanjang Sejarah. Wisata Ruhani Pesantren Basmala. Semarang.

R., Aden. 2010. 100 Prinsip Kepemimpinan Terhebat Sepanjang Masa. Hanggar kreator. Yogyakarta.

Slater, Robert. 2001. Jack Welch and The GE Way : Wawasan Manajemen dan Rahasia Kepemimpinan CEO Legendaris. Dialihbahasakan oleh Fandy Tjiptono. Andi. Yogyakarta.

_____, _____. 2003. 29 Rahasia Kepemimpinan Jack Welch. Dialihbahasakan Oleh Hikmat Kusumaningrat. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Suit, Jusuf dan Almasdi. 2012. Aspek Sikap Mental Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Syiar Media.

Wignyowiyoto, Suharsono. 2002. Leadership – Followership : Hubungan Dinamis Kepemimpinan – Keanakbuahan Sebagai Kunci Sukses Organisasi. PPM. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.