Dinamika pembangunan sektoral dalam perekonomian wilayah kabupaten malinau

Dio Caisar Darma

Abstract


Penelitian ini menggunakan alat analisis LQ, DLQ dan Shift Share tahun 2010-2014. Adapun yang menjadi variabel operasional penelitian adalah PDRB atas dasar harga konstan maupun berlaku 2000, laju pertumbuhan ekonomi, serta laju pertumbuhan sektor dalam perekonomian wilayah Kabupaten Malinau maupun Provinsi Kalimantan Utara. Berdasarkan hasil analisis LQ, terdapat 5 sektor potensial di Kabupaten Malinau adalah sektor pertanian, sektor listrik gas dan air minum, sektor bangunan dan kontruksi, sektor perdagangan hotel dan restoran, serta sektor jasa-jasa. Hasil analisis DLQ menunjukkan jika dari 9 lapangan usaha, hanya sektor pertambangan dan penggalian yang memiliki peluang besar untuk dapat dikembangkan di masa depan.  Sementara, analisis Shift Share terjadi perubahan dalam pengerjaan agregat secara sektoral dibandingkan pada perubahan pada sektor yang sama di perekonomian Kabupaten Malinau dengan Rj negatif. Dari kategori Dj, terdapat 7 sektor yang mengalami pertumbuhan ekonomi lebih cepat di Kabupaten Malinau dari pada Provinsi Kalimantan Utara. Nilai Pj memperlihatkan 8 sektor yang mengalami pertumbuhan ekonomi lebih cepat di Kabupaten Malinau daripada Provinsi Kalimantan Utara. Hasil pembagian kategori sektor menurut komponen Dj dan Pj, terdapat 6 sektor yang mengalami pertumbuhan pesat (fast growing) di Kabupaten Malinau.


Keywords


Sektor potensial; prioritas dan pergeseran struktur ekonomi

Full Text:

PDF

References


BAPPEDA Provinsi Kalimantan Timur. (2010). Profil Wilayah Kabupaten Malinau. Laporan Publikasi Perencanaan Daerah. Samarinda.

_________. (2014). Rencana Pembangunan Kawasan Perbatasan Kalimantan Timur. Bahan Presentasi Pada Sosialisasi Program Forum Komunikasi Kelitbangan (FKK). Balitbangda Provinsi Kaltim. Samarinda: 10-11 Mei 2014.

BAPPEDA Kabupaten Malinau. (2015). Potensi Daerah Kabupaten Malinau. Pengembangan Potensi Ekonomi dan Investasi Wilayah Perbatasan Kalimantan Utara. Laporan Publikasi. Malinau Kota.

BPS Kabupaten Malinau. (2016). Pendapatan Regional (Regional Income). BAB XI. Publikasi Malinau Dalam Angka 2015.

BPS Provinsi Kalimantan Utara. (2016). Pendapatan Regional (Regional Income). BAB XI. PublikasiKaltaraDalamAngka 2015. http://kaltim.bps.go.id/web/KDA2015/index.html#/440/. Diakses Pukul 01.14 WITA. 5 April 2017. Samarinda.

Buku Kompas. (2005). Membangkitkan Kemandirian Dayak Kabupaten Malinau. Profil Daerah Kabupaten dan Kota se-Indonesia, Jilid V. Penerbit: PT. Kompas Media Nusantara. Juli 2005. Jakarta.

Tarigan, Robinson. (2004). Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi. Penerbit : Bumi Aksara. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 22 dan 47 Tahun 1999 tentang Pembentukan dan Pemekaran Wilayah Kabupaten Malinau.

http://malinaukab.bps.go.id/?hal=pencarian&key=malinau+dalam+angka+2013. Diakses Pukul 16. 29 WITA. 8 April 2017. Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.