Penilaian kosumen terhadap kualitas layanan di pasar induk senaken kabupaten paser

Farida Islamiah

Abstract


Pasar tradisional memegang peranan penting dalam menggerakkan ekonomi rakyat. Fungsi pasar tradisional selain sebagai muara dari produk-produk rakyat di sekitarnya juga merupakan lapangan kerja yang sangat berarti bagi masyarakat. Kondisi pasar tradisional yang identik dengan kumuh, semrawut, becek, bau dan sumpek. Eksistensi suatu pasar tradisional akan hilang jika pasar tersebut tidak meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan konsumen terhadap kualitas layanan di Pasar Induk Senaken. Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen yang berkunjung di Pasar Induk Senaken Kabupaten Paser. Teknik sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Variabel penelitian yang digunakan adalah dimensi kualitas layanan yang terdiri dari bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kepedulian (empathy). Analisis data yang dilakukan yaitu pengujian instrumen data (uji validitas dan reliabilitas), uji wilcoxon dan analisa gap. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan antara persepsi dan harapan konsumen atau ada kesenjangan antara persepsi dan harapan yang dirasakan oleh konsumen. Gap (kesenjangan) yang paling tinggi pada dimensi tangibles, artinya perlu evaluasi terhadap bukti fisik pada pelayanan di pasar seperti penampilan pedagang, kebersihan pasar dan penanganan PKL di Pasar Induk Senaken.


Full Text:

PDF

References


Arianty, N., 2013. Analisis Perbedaan Pasar Modern dan Pasar Tradisional Ditinjau dari Strategi Tata Letak (Lay Out) dan Kualitas Pelayanan untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional. Jurnal Manajemen & Bisnis, 13(01), pp. 18-29.

Lite, 2012. Analisis Kesenjangan antara Harapan dan Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan (Studi pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Palangka Raya). JSM (Jurnal Sains Manajemen), 1(1), pp. 52-68.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A. & Berry, L. L., 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, Volume 49, pp. 41-50.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A. & Berry, L. L., 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), pp. 12-40.

Riduwan & Sunarto, 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sarwoko, E., 2008. Dampak Keberadaan Pasar Modern terhadap Kinerja Pedagang Pasar Tradisional di Wilayah Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 4(2), pp. 97-115.

Sugiyono, 2003. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J., 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, F., 2000. Manajemen Jasa. Edisi Kedua penyunt. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., 2002. Manajemen Jasa. Edisi I, Cetakan III. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.