Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen membeli kosmetik pond’s di kota balikpapan

Nina Indriastuty, Abdiannur Abdiannur

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bauran Promosi yang terdiri dari Periklanan, Penjualan Perorangan, Promosi Penjualan, dan Hubungan Masyarakat secara simultan maupun secara parsial mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kosmetik Pond’s di Kota Balikpapan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 responden, penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa keempat variabel bebas yaitu Periklanan, Penjualan Perorangan, Promosi Penjualan, dan Hubungan Masyarakat secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian karenal Fhitung > Ftabel. Sedangkan berdasarkan Uji Parsial, dari keempat variabel bebas yang mempunyai pengaruh yang paling dominan adalah variabel Periklanan, karena thitung > ttabel dan r parsial pada variabel Periklanan lebih besar dari ketiga variabel bebas lainnya.


Keywords


Periklanan; penjualan perorangan; promosi penjualan; hubungan masyarakat; dan keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Abrianto, H., & Oktavia, A. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Promosi Kartu Prabayar Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Jatinegara. Jurnal Vol.1 ISSN: 2338-9735.

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: PT. Alfabeta.

Angipora, M. (2004). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raga Grafindo Persada.

Arikunto, & Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto; Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Renasa Cipta.

Febrian, N. C., Cholifah, & Bramastyo. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Berbasis Android (Studi Kasus di Perumahan Bumi Candi Asri Sidoarjo). Jurnal Vol.1 ISSN: 2407-8239.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huriyati, R. (2008). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Jakarta: Indeks.

KBBI. (n.d.). kbbi.web.id. Retrieved from kbbi.web.id: http://kbbi.web.id

Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga dengan Power MacPro.

Kusmuriyanto, & Martono, S. (2002). Daya Tarik Bauran Promosi untuk Produk Tabungan Plus BNI 1946 (Analisis Keputusan Menabung pada Bank BNI Cabang Semarang). Jurnal Vol.11. ISSN: 085-4292.

Lee, M., & Johnson, C. (2007). Prinsip-prinsip Periklanan dalam Prespektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nency, M. N., S, J. L., & Rudy, S. W. (2014). Periklanan, Penjualan Pribadi, Promosi Penjualan, dan Publisitas terhadap Keputusan Pembelian pada Penerbit Andi Cabang Manado. Vol.2 ISSN: 2303-1174.

Pond's, T. B. (2015, November). Retrieved from http://www.topbrand-award.com/

Priyatno, D. (2008). Dalam Buku Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Saladin, D. (2007). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS versi 20. Jakarta: IKIP.

Sitepu, Sahputra, E., & Faulina. (2011). Profesional Public Relation. Medan: USU Pers.

Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Supardi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2006). Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.