Pengembangan kemampuan sumber daya manusia yang kompeten guna meningkatkan kualitas kinerja guru

Gustin Furinda, Shinta Ratnawati

Abstract


Pendidikan merupakan suatu hal penting dimana untuk menjadim perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa sendiri, bentuk usaha dalam menyiapkan peserta didik melalui bimbingan, pengajaran dan latihan untuk dimasa depannya. Agar menciptakan peserta didik yang dapat dibanggakan adanya peran guru yang memberikan sebuah pembelajaran dan bimbingan yang maksimal dengan melakukan kegiatan mengajar guru pastinya harus memiliki sebuah kemampuan yang kompeten dengan upaya workshop, pelatihan dan diskusi yang mana dengan meningkatnya kemampuan yang dimiliki dapat meningkatkan cara mengajar dan kualitas kinerja guru sendiri. Pada penelitian ini melihat bagaimana suatu guru dalam mengembangkan kemampuan mereka dalam meningkatkan kualitas guru sendiri. Dan penelitian ini kualitatif dengan metode deskripsi dengan melakukan informasi penelitian ini ditentukan secara purposive sampling. Dengan melakukan data primer yaitu wawancara dan data sekunder melalui studi pustaka. Hasil dari penelitian pengembangkan kemampuan sumber daya yang kompeten dalam meningkatkan kualitas kinerja guru sendiri kemampuan kompeten merupakan sebuah hal penting yang dimiliki guru dalam menyelesaikan tugas seorang guru dengan ini guru memiliki cara masing – masing dalam mengembangkannya baik dari pelatihan, workshop, diskusi, dan studi banding. Dengan meningkatnya sebuah kemampuan guru akan lebih maksimal dalam mengerjakan suatu tugas guru dengan ini kualitas suatu kinerja akan meningkat.


Keywords


Kinerja; kemampuan sumber daya manusia; pendidikan

References


Aisyah, Eny Nur dan Putri Mahanani. Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar dan Taman Kanak – Kanak.

Arta, Ketut Sedana. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru – Guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Proseding Senahis 2.

Atmaja, Hanung Eka, Shinta Ratnawati. (2020). Pentingnya Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Mendorong Prestasi Kerja. Buletin Bisnis & Manajemen.

Azizzah. (2020). Upaya Peningkatan Proses Belajar Mengajar (PBM) Dengan Meningkatkan Kemampuan Kinerja Guru Mis Meunasah Teungoh Melalui Bimbingan Dan Supervisi Kepala Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2019. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi.

D, Fatma. Hafirar H dkk. (2015) Peningkatan Pendidikan dan Pengembangan Kompetensi Guru SMA Negeri 1 Katapang Melalui Partisipasi Dalam Publikasi Akademis Di Media Massa. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, Vol. 4, No. 2.

Iskandar S. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik. Dewantara Vol. VIII.

Lailatussaadah. Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Aceh : UIN Ar – Raniry.

Maksum, Ali. Muninghar. Nugroho Mawardi Wibowo. Pengaruh Kemampuan Manajerial Guru, Disiplin Kerja Guru, Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru MA Al – Miftah Kecamatan Pasean Kabupaten Pameksan. Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik, Vol.2, No. 3.

Masrum. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta Timur : STKIP Kusuma Negara.

Rifai, Achmad. Kamsidjo Budi Utomo. (2019). Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia di SMKN Jateng. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Rohmah, Wafirotur. (2016) Upaya Meningkatkan Pengembangan Keprofesioan Berkelanjutan Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rusman. (2010). Model – Model Pembelajaran, mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press

Saomah Aas. Pengembangan Karir Guru Dan Konselor. Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan.

Setiyadi, Bradley. Gunawan. dan Mohamad Muspawi. (2020). Upaya Kepala Sekolah Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1),95-103.

Sumardjoko, Bambang. (2017) Pemetaan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v18i1.9281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINERJA

indexing:

 

 

 

 

Creative Commons License


KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen ISSN print: 1907-3011  ISSN online: 2528-1127 is licensed under a Creative Commons Attribution NonCommercial 4.0 International License

.

View My Stats