Pengaruh sistem e-filing, sosialisasi perpajakan, dan sanksi perpajakan terhadap kesadaran dan kepatuhan wajib pajak

Ainun Aqiila, Imahda Khoiri Furqon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem E-filling, sosialisasi perajakan, dan sanksi perpajakan terhadap kesadaran dan kepatuhan wajib pajak. Pengaruh sistem E-Filling berhubungan dengan sosialisasi perpajakan yan dilakukan direktorat jendral pajak. Apakah sistem E-Filling bisa meningkatkan kesadaran wajib pajak atau tidak. Kesadaran wajib pajak dapat diukur dari presentase jumlah SPT yang dilaporkan tepat waktu. Sosialisasi perpajakan dapat diukur dari jumlah kegiatan sosialisasi yang diakukan KPP Pratama Batang untuk wajib pajak. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif berupa data sekunder yang diperoleh dari KPP Pratama Batang. Penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh E-Filing, sosialisasi perpajakan, dan sanksi perpajakan terhadap kesadaran dan kepatuhan wajib pajak berpengaruh terhadap penerimaan pajak penghasilan di KPP Pratama Batang. Pengujian secara persial menghasilakan bahwa sistem E-filing berpangaruh positif karena mempermudah wajib pajak. Sedangkan sosilisasi perpajakan kurang berpengaruh, sanksi atas pelanggaran wajib pajak berpengaruh positif, dan kesadaran wajib pajak masih sangat kurang di KPP Pratama Batang.


Keywords


E-Filling; sosialisasi perpajakan; kesadaran wajib pajak

References


Nuryadi Mulyodiwarno, Menakar Kesetaraan Hak Dan Kewajiban Perpajakan Di Indonesia, (Depok:Rajawali pers,2018)

Ulfah Kartini. 2018. Pengaruh Tax Amnesty dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Purworejo Tahun 2016. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurulita Rahayu. 2017. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Universitas Tamansiswa Yogyakarta.

I Nyoman Daenanda. 2017. Dampak Sistem E-Filing, Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Perpajakan Universitas Undiknas Graduate School.

Marisa Herryanto. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kegiatan Sosialisasi Perpajakan, dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Surabaya. Jurnal Progaram Studi Akuntansi Universitas Kristen Petra

Ketut Budiartha. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

www.pajak.go.id, diakses pada tanggal 25 Oktober 2020

TribunJateng.com, diakses pada tanggal 25 Oktober 2020

Pengampunanpajak.com, diakses pada tanggal 26 Oktober 2020

Berita.batangkab.go.id, diakses pada tanggal 26 Oktober 2020




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i1.8735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ainun Aqiila, Imahda Khoiri Furqon


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja