Pengaruh diskon terhadap keputusan penggunaan aplikasi ruang guru di kota karawang

Sisi Oktaviani Diah Ayu Eka Lestari, Abdul Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis pengaruh diskon terhadap keputusan penggunaan aplikasi Ruang Guru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, Sampel pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Ruang Guru pada rentang usia 16-19 Tahun atau pelajar SMA sederajat di kabupaten Karawang sebanyak 100 pengguna. Pengumpulan data dengan cara Interview dan kuesioner. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi, analisis jalur dan analisis rentang skala. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 10% menemukan bahwa Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka kesimpulan yang dapat diambil adalah diskon berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pengguna Aplikasi Ruang Guru di Karawang, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung>t tabel (4,561> 1,938), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05). Diskon berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan penggunaan Aplikasi Ruang Guru, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (21.636 > 2,36).


Keywords


Diskon; keputusan penggunaan; aplikasi

References


Akbar, A.A (2019, October). Analisis Aplikasi Ovo menggunakan model delone dan mclean dikalangan mahasiswa universitas airlangga. In Repository Unair.

Amalia, N.R. & Saryadi. (2018, July). Pengaruh Kemudahan Akses Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Online TIKET.COM. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro (Vol. 07 No. 3, pp. 1-11).

Cahyani, E. D. (2019). Analisis Penerimaan Aplikasi Ruang Guru Sebagai Media Pemenuhan Informasi Akademik Siswa Sma Di Kota Surabaya Ditinjau Dari Model Utaut2. In Repository Universitas Airlangga.

Dewi, I.K., & Kusumawati, A. (2018, March). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online. In Jurnal Administrasi Bisnis JAB (Vol. 56 No. 1, pp. 155-163).

Ginting, B & Srimenda, S.(2018). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi pada Pengguna Aplikasi Lazada di Kecamatan Pancur Batu). In Repository Universitas Sumatera Utara.

Ginting. & Violita, Y. (2020). Penggunaan Aplikasi Ruang Guru terhadap Minat Belajar Siswa SMA (Studi Korelasional Pengaruh Penggunaan Aplikasi Ruangguru terhadap Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Berastagi). In Repository Universitas Sumatera Utara.

Habbash, M. (2015, December). Learning English Vocabulary Using Mobile Phones: Saudi Arabian Efl Teachers In Focus. European Scientific Journal edition (vol.11, No.35 ISSN: 1857 – 7881 (Print) e - ISSN 1857- 7431).

Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management, 15 th ed, Pearson Education Limited, New York.

Langi, E.,Londa, N.S., & Tulung, L.(2019). Pengaruh Komunikasi Media Online Aplikasi Ruang Guru Pt. Ruang Raya Indonesia Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 1 Manado. In Jurnal Actra Diurna Unsrat (Vol. 01 No. 3, pp. 1-16).

Malau, Herman, (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.

Ningsih, W. (2017). Pengaruh Produk Pelayanan Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Bella Acc Yogyakarta. In Repository Universitas Pgri Yogyakarta.

Ridwan, M. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan). In Repository Unisu.

Rusmiati. (2017, February). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. In UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonom (Vol. 01, No. 2, pp 21-36).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v18i1.8456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINERJA

indexing:

 

 

 

 

Creative Commons License


KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen ISSN print: 1907-3011  ISSN online: 2528-1127 is licensed under a Creative Commons Attribution NonCommercial 4.0 International License

.

View My Stats