Pengaruh nilai taksir, jasa titip, promosi dan prosedur pencairan terhadap permintaan gadai emas

Sri Rahma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai taksir, biaya titip, promosi dan prosedur pencairan pinjaman baik secara simultan maupun parsial terhadap permintaan gadai di Bank Syariah Mandiri Area Jambi serta mengetahui variabel yang memiliki pengaruh paling dominan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode studi kasus. Penarikan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 nasabah. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan, yaitu: 1) Responden merasa puas dengan penerapan nilai taksir, jasa titip, promosi dan prosedur pencairan terhadap permintaan gadai emas 2) Secara simultan, variabel nilai taksir, jasa titip, promosi, dan prosedur pencairan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri Area Jambi dengan nilai Fhitung sebesar 17,644 > Ftabel (2,32) dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara parsial, nilai taksir berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan gadai emas dengan nilai thitung (2,195) > ttabel (1,987). Prosedur Pencairan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan gadai emas dengan thitung (3,320) > ttabel (1,987); 3) Hubungan antar variabel menunjukkan hubungan yang positif dan searah; 4) variabel nilai taksir, jasa titip, promosi dan prosedur pencairan dalam menjelaskan variabel permintaan gadai emas sebesar 41,7 persen. Berdasarkan temuan penelitian ini, semakin kompetitif Nilai Taksir, Promosi, dan Prosedur Pencairan akan meningkatkan permintaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri Area Jambi.


Keywords


Nilai taksir; jasa titip; promosi; prosedur pencairan; permintaan

References


Kurniawati, E. T. (2013). Analisis Pengaruh Transaksi Gadai Emas Terhadap Tingkat Keuntungan Bank Syariah. Journal of Innovation in Business and Economics, 4(1), 45-54.

Hosen, M. N. (2005). Governance of Indonesian labour and migration to Malaysia: An overview. RIMA: Review of Indonesian and Malaysian Affairs, 39(2), 31-44.

Majelis Ulama Indonesia, Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Nomor 25/DSN-MUI/III/2002 Tentang Rahn, 2002.

Fandy, T. (2015). Strategi Pemasaran Edisi-4, Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

Anonim, SPSS, I. (2008). SPSS Statistics Base 17.0 User’s Guide.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i1.8051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Rahma


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja