Pengaruh pendapatan perkapita dan inflasi serta suku bunga terhadap konsumsi rumah tangga makanan dan non makanan serta pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat di provinsi kalimantan timur

Daru Yudanto, Eny Rochaida, Priyagus Priyagus

Abstract


Kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan pembangunan. Di mana IPM sebagai barometer kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan membuktikan pengaruh pendapatan perkapita, inflasi dan suku bunga terhadap konsumsi rumah tangga makanan dan non makanan serta pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat Kaltim. Analisis jalur digunakan pada penelitian ini dengan data dari BPS Kaltim dan KPw BI Kaltim. Temuan penelitian ini adalah pendapatan perkapita berpengaruh positif dan signifikan serta dominan terhadap konsumsi rumah tangga makanan dan non makanan. Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konsumsi rumah tangga makanan dan non makanan. Suku bunga berpengaruh positif dan kurang signifikan terhadap konsumsi rumah tangga makanan dan non makanan. Konsumsi rumah tangga makanan berpengaruh negatif dan kurang signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Konsumsi rumah tangga non makanan berpengaruh positif dan signifikan serta dominan terhadap kesejahteraan masyarakat. Pendapatan perkapita melalui konsumsi rumah tangga non makanan berpengaruh dominan terhadap kesejahteraan masyarakat.


Keywords


pendapatan perkapita; inflasi; suku bunga; konsumsi rumah tangga makanan dan non makanan; kesejahteraan masyarakat

References


Anonim. 2012. Indeks Pembangunan Manusia 2010—2011. Badan Pusat Statistik.

______. 2014. RKPD Kabupaten Temanggung Tahun 2014. Pe-merintah Daerah Kabupaten Te-manggung.

______. 2015. Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Kali-mantan Timur menurut Lapa-ngan Usaha 2010—2014. Ba-dan Pusat Statistik Provinsi Ka-limantan Timur.

______. 2016. Indeks Harga Konsu-men dan Inflasi Kalimantan Timur 2015. Badan Pusat Statis-tik Provinsi Kalimantan Timur.

______. 2017. Statistik Pengeluaran Provinsi Kalimantan Timur 2016. Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur.

Case, Karl E. dan Ray C. Fair. 2007. Prinsip-prinsip Ekonomi. Jilid 2. Edisi Kedelapan. Jakarta: Er-langga.

Firdayetti, dan Michael Toni Ardianto. 2011. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kon-sumsi di Indonesia mengguna-kan Error Correction Model (ECM) periode 1994—2005. Jurnal. Media Ekonomi. Vol. 19, No. 1, April 2011. Fakultas Eko-nomi. Universitas Trisakti, Ja-karta.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. Alat Analisis Data; Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bi-dang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: Andi.

Hanum, Nurlaila. 2017. Analisis Pengaruh Pendapatan terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Samudra di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika. Vol. 1, No. 2, Oktober 2017. Program Studi Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra Langsa, Aceh.

Igirisa, Indri Manolita. 2017. Penga-ruh Suku Bunga, Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Penya-luran Kredit pada Perbankan di Kota Samarinda. eJournal Ad-ministrasi Bisnis 2017, 5 (4): 904—916. Program Studi S-1 Administrasi Bisnis. Fakultas Il-mu Sosial dan Ilmu Politik. Uni-versitas Mulawarman, Samarin-da.

Kaltim Post. “Ekonomi Membaik, IPM Meningkatâ€. Rabu, 30 Mei 2018.

Kasmir. 2002. Dasar-dasar Per-bankan. Jakarta: PT RajaGra-findo Persada.

Mankiw. 2006. Makroekonomi. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Masyhuri, Abdul Kadir, dkk. 2008. Penerapan Kebijakan Moneter dalam Kerangka Inflation Targeting di Indonesia. Seri Kebanksentralan, No. 21. Ja-karta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Mulyadi. 2014. Ekonomi Sumber Daya Manusia dalam Perspek-tif Pembangunan. Jakarta: Ra-jawali Pers.

Nopirin. 2009. Ekonomi Moneter Buku 2. Edisi Pertama. Yog-yakarta: BPFE UGM.

Priyagus. 2016. Ekonomi Mikro Vertagama. Samarinda: RV Pustaka Horizon.

Tiro, Muhammad Arif. 2004. Analisis Korelasi dan Regresi. Edisi Kedua. Makassar: Ma-kassar State University Press.

Yulhendri, dan Nora Susanti. 2017. Analisis Konfirmatory Faktor Pengukuran Indikator Kesejah-teraan Rumah Tangga. Jurnal Ilmiah Econosains. Vol. 15, No. 2, Agustus 2017.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v17i2.7955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Daru Yudanto, Eny Rochaida, Priyagus Priyagus


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja